Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMKN Cimahi Tetap Kejar Prestasi di Tengah Pandemi, Ini Deretan Prestasinya

SMKN Cimahi Tetap Kejar Prestasi di Tengah Pandemi, Ini Deretan Prestasinya

INILAHKORAN, Bandung – Pendemi Covid-19 tidak menyurutkan siswa-siswi SMKN 1 Cimahi untuk tetap berprestasi. Di masa pandemi ini, siswa-siswi SMKN 1 Cimahi berhasil meraih prestasi juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di tingkat Jawa Barat dan nasional.

“Selama pandemi lumayan banyak prestasi yang kita peroleh. Bisa di lihat di Intstagram sekolah kami, semua prestasi kami kami posting di Instagram,” ujar Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Cimahi, Bidang Hubungan Industri dan Masyarakat Agus Nugroho, Selasa 2 November 2021.

Untuk mencapai prestasi tersebut, kata dia, pihak sekolah memberikan pembinaan secara intens bagi siswa-siswi. Bimbingan tersebut tidak hanya datang dari internal sekolah, tapi para siswa itu juga mendapatkan bimbingan dari pelaku industri.

“Pasti kita menganalisis dulu beban dan bobotnya seperti apa, setelah kita ketahui baru siswa tersebut dibimbing. SMKN 1 Cimahi, memang sudah membagi-bagi untuk pembimbingnya, misalnya khusus Robotik, website, bahasa dan lainnya,” ujar Agus Nugroho.

Agus Nugroho menambahkan, tak bisa dipungkiri ada sejumlah kendala yang dihadapi guru dan siswa-siswi di SMKN 1 Cimahi selama pandemi, namun Agus mengaku pihaknya harus berusaha beradaptasi dengan sejumlah perangkat untuk mengajar.

Seperti, pembelajaran online, menggunakan Learning Management System (LMS) dan menggunakan video conference yang disediakan oleh pihak sekolah maupun siswa-siswi tersebut.

“Jadi di awal pasti ada kesenjangan dalam menggunakan fasilitas, tapi lambat laun Alhamdulillah sudah mulai beradaptasi antara guru dengan siswa, juga manajemen sekolah juga sama,” ujar Agus Nugroho.

Sebagai catatan, beberapa lomba yang diikuti siswa-siswi SMKN 1 Cimahi. Pertama juara lomba perwakilan Indonesia “Country Winners” dan berhak mewakili Indonesia di acara Al Global Impact Festival yang diselenggarakan oleh Orbit Future dan Intel Corporation dengan projec-nya Face Recognition Attendance System 2021.

Kedua, SMKN 1 Cimahi mendapatkan predikat juara ke-2 dan 3 pada acara Samsung Innovation Campus 2021.

Ketiga, SMKN 1 Cimahi mendapat prestasi juara 3 lomba Bahasa Inggris Regional Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Penerbit Erlangga 2021.(okky adiana/ghi)

 

Sumber berita :

  • https://www.inilahkoran.com/smkn-cimahi-tetap-kejar-prestasi-di-tengah-pandemi-ini-deretan-prestasinya