Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat membuka kegiatan SmartTren Ramadan 1445 H di SMKN 1 Cimahi

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat membuka kegiatan SmartTren Ramadan 1445 H di SMKN 1 Cimahi

Suasana kehangatan menyelimuti Aula SMK Negeri 1 Cimahi pada Jumat, 8 Maret 2024, saat Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wahyu Mijaya, secara resmi membuka kegiatan SmartTren Ramadan 1445 H. Dalam upaya menciptakan momen berharga di bulan suci Ramadan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menggelar acara ini dengan menyajikan berbagai program bermanfaat bagi siswa-siswi SMA, SMK, dan SLB di wilayah tersebut.

SmartTren tahun ini menawarkan ragam kegiatan praktik baik yang terbagi dalam dua bentuk kegiatan utama. Pertama, Kajian Islam di Sekolah (KIDS) yang mencakup siswa masuk pesantren, ajengan masuk sekolah, pesantren mandiri, dan pesantren digital IRMA Jabar. Kedua, program Berhias (Berbudaya, Habituasi Iman & Akhlak Sehari-hari) SmartTren yang menghadirkan kegiatan seperti Infak Massal Aktualisasi Masagi (IMAM), rantang berbagi, penulisan mushaf Al-Qur’an, wakaf Al-Qur’an, dan ngobrol santai bareng asatidz (Ngobras). Program IMAM bekerja sama dengan Badan Zakat Nasional sebagai pengelola zakat.

Pembukaan SmartTren Ramadan ini dirangkaikan dengan acara Tarhib Ramadan, yang dimeriahkan oleh penampilan siswa SMA, SMK, dan SLB. Seluruh pimpinan di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat turut hadir untuk memberikan dukungan dan semangat kepada peserta.

Dalam sambutannya, Wahyu Mijaya menegaskan pentingnya memanfaatkan Ramadan sebagai momentum untuk membiasakan kebaikan dalam pikiran, ucapan, dan tindakan. “SmartTren ini hadir sebagai bentuk komitmen Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam memberikan peluang pendidikan dan kebajikan kepada siswa-siswi di masa Ramadan. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat positif bagi perkembangan spiritual dan karakter peserta,” ujar Kadisdik.

Dengan berbagai kegiatan yang telah disiapkan, diharapkan SmartTren Ramadan 1445 H dapat menjadi sarana efektif untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan memperdalam pemahaman keagamaan. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus berinovasi dalam penyelenggaraan kegiatan positif seperti SmartTren untuk mendukung tumbuh kembang peserta didik di Jawa Barat. Semoga Ramadan kali ini membawa berkah dan kebaikan bagi semua warga pendidikan.