Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

PUIPT BLasTS UNJA Lolos Pendanaan DIKTI, Pengakuan dan Rekognisi Sebagai PUIPT Nasional

PUIPT BLasTS UNJA Lolos Pendanaan DIKTI, Pengakuan dan Rekognisi Sebagai PUIPT Nasional

MENDALO,- Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Sistem Perubahan Penggunaan Lahan (Land use Transformation Systems, PUIPT BLasTS) Universitas Jambi berhasil mendapatkan bantuan peningkatan ekosistem riset dan inovasi PUI-PT tahun anggaran 2022, oleh Kementrian Pendidikan kebudayaan dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi.

PUI PT BLasTS Universitas Jambi bersama 4 PUIPT dari Perguruan tinggi yang ada di Indonesia berhasil meraih bantuan tersebut, selain Universitas Jambi ada Universitas Jember, Universitas Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Ketua Universitas Jambi, Dr. Forst Bambang Irawan, S.P., M.Sc., I.P.U., mengatakan lolosnya PUIPT BLasTS dalam skema kompetitif bantuan peningkatan ekosistem riset dan Inovasi ini tidak hanya penting bagi penguatan kelembagaan dan ekosistem riset dan inovasi PUIPT BLasTS tetapi juga menjadi bagian dari pengakuan dan rekognisi PUIPT BLasTS sebagai PUIPT Nasional. Sehingga saat ini dua PUIPT Universitas Jambi yang mendapat pengakuan yaitu PUIPT Reklamasi Lahan (PUIPT REKLA)  dan PUIPT BLasTS.

Dengan demikian akan meningkatkan Indikator kinerja tambahan Renstra UNJA SMART seperti Centre of Excellence, Teaching Industry (STC), Desa Laboratorium Terpadu, Inovasi Pembelajaran, Entreprenuership serta jumlah kerjasama di bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan institusi.

Untuk di ketahui bahwa PUI PT BLasTS didirikan pada tahun 2018 dan fokus melaksanakan penelitian, pengembangan dan diseminasi yang mengarah pada sinkronisasi atau formulasi jalan tengah pengelolaan sumberdaya alam berbasis lahan yang lestari secara produksi, ekologi dan biodiversitas serta menghormati hak-hak sosial masyarakat.

Silvia Yuliansari/HUMAS