Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pramatsa Juara Umum di Ajang Comed for Scout Movement 2022

Pramatsa Juara Umum di Ajang Comed for Scout Movement 2022

SURAKARTA – Pramuka MTsN Surakarta 1 (Pramatsa) mengikuti Competition and Education for Scout Movement (Comed) 2022. Lomba tersebut dilakasanakan pada Minggu (4/9/2022) di MTsN Surakarta 1 secara daring. Dalam ajang Comed ada 4 cabang lomba yaitu, hasta karya,, Semafor Scout dance, menulis berita, dan cipta baca puisi. Pramatsa berhasil menjadi juara di setiap cabang lomba dan menjadi juara umum.
Sebelum berpatisipasi dalam lomba, pembina melakukan seleksi untuk memilih peserta yang akan mewakili MTsN Surakarta 1. Dalam proses seleksi ini peserta menampilkan public speaking dan dance bebas. Setelah seleksi selesai dilaksanakan dan sudah terpilih tim yang akan mewakili lomba dilanjut dengan latihan untuk persiapan lomba. “Tim Pramatsa melakukan latihan intensif jauh hari sebelum kegiatan berlangsung. Latihan dilakukan selama 3 pekan. Latihan ini dilakukan setiap hari termasuk hari libur. Pada hari efektif masuk latihan dimulai pukul 15.45 – 17.00, sedangkan, hari Minggu dimulai pukul 09.00 – 16.00,”jelas Nirmala, Pembina Pramuka. “Alhamdulillah anak-anak mengikuti latihan dengan antusias dan semangat meskipun hari Minggu harus masuk. Materi yang harus mereka pelajari adalah membaca puisi dan berita, membuat gerakan semafor dance dan latihan cepat dan kreatif dalam hasta karya,”tambah Nirmala.
Dengan kesungguhan dan semangat yang tinggi Pramatsa berhasil memenangkan semua cabang lomba dan berhasil menjadi juara umum. Pramatsa berhasil mengharumkan nama MTsN Surakarta 1 dengan menjadi juara umum. Dalam cabang lomba cipta baca puisi kategori putra dan putri berhasil menjadi juara pertama atas nama Zhahfran Zaidan Safa (9A) dan Inas Alina Nisa (9TQ). Lomba menulis berita kategori putra dan putri berhasil menjadi juara pertama atas nama Gatan Mukti Wibowo (8SA2) dan Rayya putri Fayza Az-Zahra (8SA5). Lomba Hastakarya berhasil menjadi juara pertama kategori putra dan putri atas nama Raga Saktiawan (9A), Devis Arya Saputra (9A), Kautsaririzqi Rafriandra Afdiansyah (8SA4), Azizah Budianti Jamil (9TQ), Indira Nur Fahira (9B), Talitaha Annafis Tsaqif N (8SA1). Lomba Semafor Dance berada pada posisi juara 1, dengan peserta putra Esa Maulana Wisnunatta (8SA2), Gatan Mukti Wibowo (8SA2), Muhammad Favian Mahardika (8SA4), Muhamad Dedex Pratama (8D), Kautsarrizqi Rafindra Afdiansyah (8SA4), dan peserta putri Kenji Dwi Pradani (9FD2), Manda Kirana Larashati (9A), Syifa Aulia Raihanie (9TQ), Inias Alina Nisa (9TQ), Talitha Annafis Tsaqif N (8SA1). Dengan capaian tersebut maka piala bergilir tetap berada di MTsN surakarta 1 karena pada tahun sebelumnya MTsN Surakarta 1 juga menjadi juara umum.
Segenap civitas akademika MTsn surakarta 1 sangat bangga atas capain prestasi luar biasa dari Tim Pramatsa. “Syukur alhamdulillah, terima kasih pada Tim Pramatsa, pembina, dan pembimbing lomba. Sungguh kebanggaan yang luar biasa capaain prestasi yang tiada henti. Kemarin juara umum di ajang Wijaya Scout Competition Unnes ini juara umum lagi di Comed UMS . Semoga dengan keberhasilan ini akan menjadi semangat untuk lomba-lomba yang lain dan akan membawa madrasah kita semakin berjaya,”harap Nurul Qomariyah, Kamad. (Tim Jurnalis/ Diana)
Setelah memenangkan ajang Comed ini tim Pramatsa senang dan bersyukur atas doa sertasupport dari semua warga MTsN Surakarta 1. Untuk siswa dan siswi kelas 9 mungkin persembahan piala terakhir untuk Pramatsa dan untuk siswa dan siswi kelas 8 ini adalah awal perjalanan untuk membangun Pramatsa lebih baik lagi, semoga Pramatsa sukses selalu dan bisa memajukan Pramuka MTsN Surakarta

“Kendala yang dialami oleh peserta ketika latihan Semaphore Dance ada beberapa peserta yang mengalami cedera. Di dalam cipta baca berita peserta sedikit kesusahan untuk menemui narasumber, tetapi walaupun ada beberapa kendala yang terjadi tim Pramatsa tetap semangat dan yakin akan memenangkan lomba COMED ini” ujar Devis selaku peserta.
Pramatsa memenangkan semua lomba dan membawa nama harum MTsN Surakarta 1. Lomba Cipta Baca Puisi Pramatsa berada pada posisi juara 1, dengan peserta putra Zhahfran Zaidan Safa (9A) dan peserta putri Inas Alina Nisa (9TQ). Lomba Menulis Berita Pramatsa berada pada posisi juara 1, peserta putra Gatan Mukti Wibowo (8SA2) dan peserta putri Rayya Fayza Az-Zahra (8SA5). Lomba HASTAKARYA berapa pada posisi juara 1, peserta putra Raga Saktiawan Anugerah Bumi (9A), Devis Arya Saputra (9A), Kautsarrizqi Rafindra Afdiansyah (8SA4), dan peserta putri Azizah Budianti Jamil (9TQ), Indira Nur Fahira (9B), Talitha Annafis Tsaqif N (8SA1). Juara Umum berada pada posisi juara 1 dan juara yang terakhir Juara Umum Bergilir dimenangkan oleh MTsN Surakarta 1.
1.
(Labiiba/Fey)