Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

5 Program Studi Fakultas Teknik Melakukan Visitasi Akreditasi Internasional dengan ASIIN Jerman

5 Program Studi Fakultas Teknik Melakukan Visitasi Akreditasi Internasional dengan ASIIN Jerman

Humas UNJ (17/09/2022) – Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan Visitasi Akreditasi Internasional dengan Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN) secara daring melalui Zoom dan luring di Aula Pertemuan Gedung Syafei Kampus A pada 14-16 September 2022.

Hadir dalam acara ini secara daring panelis ASIIN Jerman, Professor Dr. Reinhard Moeller, dari Bergische Universität Wuppertal, Professor Dr. Andreas Schwill dari Universität Potsdam, dan Professor Dr.-Ing.  Andrej Albert dari Hochschule Bochum.

Turut hadir juga pada pembukaan visitasi, Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si., Dekan FT UNJ, Dr. Uswatun Hasanah, M.Si., para Wakil Rektor, dan para Koordinator Program Studi Fakultas Teknik.

Dekan FT, Dr. Uswatun Hasanah mengatakan bahwa FT melakukan visitasi akreditasi internasional karena mengikuti salah satu program universitas yang akan go international yang salah satunya visinya bereputasi di kawasan asia. Berangkat dari visi tersebut fakultas juga berusaha untuk mencapai kesana, salah satunya dengan internasionalisasi program studi yang ada di fakultas.

Ada lima program studi yang melakukan visitasi dengan ASIIN, yaitu Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Mesin, dan Pendidikan Informatika dan Komputer.

Harapannya tidak hanya lima prodi ini, tapi prodi lainnya juga akan menyusul untuk akreditasi internasional, karena semuanya harus bisa berakreditasi internasional walaupun secara bertahap. Untuk tahun depannya menargetkan empat prodi di FT juga akan melakukan visitasi akreditasi internasional

Diskusi antara Panelis ASIIN dan UNJ

Kegiatan dilangsungkan selama tiga hari. Pada 14 September, sesi pertama dilakukan dengan Rektor, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, dan Dekan. Sesi kedua dilanjutkan diskusi dengan para Koordinator Program Studi Falkultas Teknik.

Pada 15 September, sesi pertama diskusi dengan para mahasiswa dari lima program studi. Diskusi mencakup tujuan pendidikan dan program studi, isi studi, organisasi studi, konseling dan dukungan bagi mahasiswa, kondisi saat studi berlangsung, dan belajar diluar negeri. Kemudian sesi kedua dilangsungkan dengan para dosen dari lima program studi tersebut.

Di hari terakhir visitasi pada 16 September, panelis ASIIN melakukan diskusi internal dengan para partner universitas seperti sekolah dan industri yang berkerjasama dengan UNJ.

Di akhir agenda, Panelis ASIIN Professor Dr. Reinhard Moeller, menilai UNJ sudah mempersiapkan semua dengan cukup baik, namun ada beberapa dokumen yang perlu ditambahkan untuk melengkapi.

“Koneksi dengan industry sudah baik, namun sebaiknya lama masa kerja lapangan ditambah agar lebih bisa menambah pengalaman mahasiswa di dunia industri” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Suyono, mengucapkan terimakasih kepada para panelis ASIIN selama tiga hari sudah menilai dan berdiskusi dengan UNJ.

“Semua rekomendasi sangat penting bagi kami untuk meningkatkan institusi. Kami akan berusaha melakukan apa yang disarankan demi peningkatan UNJ” kata Prof. Suyono.