Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Hakim Mahkamah Konstitusi Berikan Kuliah Umum kepada Ratusan Mahasiswa ULM

Hakim Mahkamah Konstitusi Berikan Kuliah Umum kepada Ratusan Mahasiswa ULM

Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (FH ULM) mengadakan acara kuliah umum bertemakan “Institusionali Pancasila Dalam Pembentukan Hukum Nasional” yang bertempat di General Building ULM Banjarmasin pada Jumat (16/09/2022).  Kuliah Umum ini disampaikan langsung oleh yang mulia Hakim Mahkamah Konstitusi RI Prof. Dr. Arief Hidayat S.H, M.S yang juga dihadiri oleh ULM Prof. Dr. H.  Sutarto Hadi, M.Si, Msc, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP, Dekan Fakultas Hukum Dr. Achmad Fasihal, S.H., M.H, Dosen serta Mahasiswa Fakultas Hukum ULM.  

Prof. Dr. Arief Hidayat S.H, M.S menjadi Hakim Konstitusi RI sejak 2013 dan merupakan lulusan S3 Ilmu Hukum Universitas Diponegoro dengan bidang keahlian meliputi hukum tata negara, hukum dan politik, hukum dan perundang-undangan, hukum lingkungan dan hukum perikanan. Beliau terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2015-2017 menggantikan Hamdan Zoelva yang sudah berakhir masa jabatannya. Dalam catatan karier Prof. Arief Hidayat merupakan salah satu hakim dengan pengalaman yang lengkap karena pernah duduk baik dalam jabatan sebagai Hakim MK, Wakil Ketua MK, hingga menjadi ketua MK. Arief Hidayat tercatat pula sebagai satu-satunya Ketua MK yang dipilih secara aklamasi dalam Rapat Permusyawaratan Hakim Pemilihan Ketua MK (baik dalam periode pertama maupun kedua). 

Rektor ULM menyambut baik kedatangan Prof. Dr. Arief Hidayat S.H, M.S. Beliau juga mengatakan bahwa ULM mendapatkan pembinaan dari orang-orang hebat di Republik Indonesia yang mana salah satunya adalah kuliah umum yang diadakan pada hari ini. Acara Kuliah umum ini juga di sambut baik oleh hampir 250 Mahasiswa Fakultas Hukum yang hadir. “Banyak pelajaran dan inspirasi dari sosok yang mulia Hakim MK RI pada acara kuliah umum ini, jadi manfaatkan kesempatan ini dengan baik” ucap Rektor.