Minggu, 27 November 2022
Perguruan Tinggi

PUI-MIA Kenalkan SIEMENS di TENNOVEX 2022

PUI-MIA Kenalkan SIEMENS di TENNOVEX 2022

Stand PUI-MIA saat memamerkan produknya di TENNOVEX 2022

Kampus ITS, ITS News – Pameran inovasi teknologi bertajuk TENNOVEX 2022 di Atrium Grand City Surabaya menjadi wadah bagi para civitas akademik untuk menghadirkan karyanya. Pusat Unggulan IPTEK Mechatronics and Industrial Automation (PUI-MIA) Research Center Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengenalkan Sistem Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bernama SIEMENS dalam pameran teknologi ini.

Rifqi Nadif Arrafid, Staff PUI-MIA mengatakan bahwa PUI-MIA merupakan sebuah badan pengembangan yang berada dibawah naungan Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS. PUI-MIA memiliki tiga fokus bidang meliputi machine tools dan Computer Numerical Control (CNC), robotika industri dan perusahaan otomasi, serta sistem cerdas tak berawak dan Internet of Things (IoT).

Rifqi menambahkan bahwa pada TENNOVEX tahun ini, PUIMIA menghadirkan produk-produk hebat dan canggih. Satu diantarnya adalah produk SIEMENS yang merupakan hasil kolaborasi PUI-MIA dengan Perseroan Terbatas (PT) Energi Terbarukan Internasional (ETERNAL). SIEMENS merupakan produk yang berfungsi untuk mengisi daya kendaraan-kendaraan listrik secara portable. “Dengan begini, pengisian bisa dilakukan dimana pun,” ujarnya.

SIEMENS, Produk SPKLU kolaborasi antara PUI-MIA dan ETERNAL di TENNOVEX 2022

Rifqi juga menambahkan bahwa produk ini terdiri dari komponen-komponen kompleks yang akhirnya bisa memberikan fitur meliputi charger, auto billing system, dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). “Dalam hal ini, ETERNAL menjadi supplier untuk charger dan PLTS, sedangkan PUI-MIA menjadi konektor komponen tersebut sehingga menjadi sebuah sistem yang disebut SPKLU,” ungkap laki-laki asal Madiun tersebut.

Mahasiswa S2 Teknik Sipil ITS itu juga menyebut bahwa cara kerja dari SIEMENS ini adalah dengan menangkap energi matahari menggunakan panel surya, lalu dikonversi dalam bentuk energi listrik. Selanjutnya, energi listrik tersebut akan disimpan dalam sebuah baterai untuk akhirnya disalurkan ke kendaraan listrik. “Ketika proses pengisian daya sedang dilakukan, data dari penggunaan SIEMENS terekapitulasi secara langsung dalam sebuah billing system yang bersifat otomatis,” lanjutnya.

Terakhir Ia menambahkan bahwa proses pengisian daya menggunakan SIEMENS ini juga tergolong cepat atau fast charging karena dapat mengisi daya dalam waktu yang cepat dengan besar arus maksimal 32 ampere. Di ITS sendiri, SIEMENS telah diterapkan sebagai sistem pengisi daya I-car yang merupakan mobil elektrik keluaran ITS. (*)

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal