Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Tim DM UB Dampingi Survei Pasar Pendirian SMK IT Boarding School di Pondok Pesantren Tahfid Al-Quran

Tim DM UB Dampingi Survei Pasar Pendirian SMK IT Boarding School di Pondok Pesantren Tahfid Al-Quran
Sosialisasi Tim DM terkait hasil Suvei Pasar Pendirian SMK IT

Bertempat di Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka pendirian SMK IT Boarding School di Pondok Pesantren Tahfid Al-Quran. Kegiatan ini dinilai penting dilakukan, dengan tujuan untuk mengembangkan desa dan kelompok masyarakat agar lebih maju dan mandiri baik secara sosial budaya maupun pendidikan serta untuk melakukan pendampingan survei ketertarikan pasar dalam pendirian SMK IT Boarding School di Pondok Pesantren Tahfid Al-Quran.

Tim Doktor Mengabdi yang terdiri atas Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes, S.Si., M.Sc. selaku ketua, dan Prof. Dr. Ir. Ni Wayan Surya Wardhani M.S., Dr. Ir. Solimun, MS., dan Bayu Adi Kusuma, SP. MBA. selaku anggota. Tim pengabdian melakukan serangkaian kegiatan dalam pendampingan survei pasar, yang dimaksudkan untuk mengeksplor kondisi minat pendidikan agar dapat membuat strategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan minat masyarakat sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan perekonomian.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berpendidikan merupakan potensi yang dimiliki wilayah Kecamatan Wajak. Hal ini dapat dioptimalkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan pendampingan survei pasar ini mendapatkan dua segmen pasar atau kelompok masyarakat berdasarkan ketertarikan terhadap rencana pendirian SMK IT Boarding School. Segmen pasar 1 memiliki minat untuk meningkatkan Pendidikan (menyekolahkan anak) sangat tinggi dan memandang komunikasi serta program pemasaran dalam memperkenalkan SMK IT juga baik. Sementara Segmen pasar 2 memiliki minat untuk meningkatkan Pendidikan (menyekolahkan anak) tinggi dan program pemasaran sudah baik, namun mereka menganggap bahwa komunikasi yang dilakukan belum baik (sedang).

Selain survei pasar yang digunakan untuk mengetahui minat masyarakat Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak dalam meningkatkan pendidikan sebagai dasar dalam pendirian SMK IT Boarding School, Kegiatan pendampingan survei pasar ini dilengkapi dengan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pendidikan dan hasil survei yang telah dilakukan. Sosialisasi dihadiri oleh masyarakat, pemuka agama, serta tenaga pendidik setempat. Selain itu, juga dihadiri oleh kepala dan perangkat desa sebagai bentuk dukungan terhadap berjalannya kegiatan. Beberapa hal yang spesifik disampaikan oleh tim doktor mengabdi kepada para pendengar saat sosialisasi adalah terkait pentingnya pendidikan anak dan pendirian sekolah sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas SDM atau tenaga kerja untuk menjadi lebih baik. Program-program yang akan diberikan SMK IT juga disampaikan guna menarik minat masyarakat untuk mendaftarkan anak mereka ketika sekolah sudah berdiri. Semua yang terlibat mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak, terlebih bagi masyarakat Desa sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Setelah kegiatan dilakukan didapatkan hasil bahwa sebagian besar masyarakat menanggapi rencana pembangunan SMK IT dengan respon yang baik. Oleh karena itu rencana tersebut dapat direalisasikan dengan baik dan akan terminimalisir penolakan dari masyarakat sekitar pondok. Hasil ini juga didukung oleh keterangan salah satu warga Desa Sumberputih saat diwawancara terkait wacana pendirian SMK IT Boarding School yang mana menyatakan ketertarikannya akan Hal ini. “Setuju, karena dengan pendirian sekolah ini juga masyarakat sini sangat diuntungkan ya. Selain dapat meningkatkan kuliatas pendidikan, juga memudahkan kami dalam menyekolahkan anak-anak. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke tengah kota.” Ujar salah satu warga setempat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa memang diperlukan pembangunan tempat Pendidikan di wilayah tersebut.[fernandes/siti rahma]