Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Universitas Teknokrat Indonesia berikan Pelatihan Kunci Pintu Otomatis kepada SMAN 10 Bandar Lampung

Universitas Teknokrat Indonesia berikan Pelatihan Kunci Pintu Otomatis kepada SMAN 10 Bandar Lampung

Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik ASEAN Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK). Acara pengabdian masyarakat (PKM) ini diselenggarakan pada Kamis (17/11) di SMAN 10 Bandar Lampung.
Kepala Sekolah SMAN 10 Suharto, MD menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh tim Universitas Teknokrat Indonesia. Dengan adanya program sekolah penunjang berupa pelatihan berbagai teknologi informasi diyakini mampu mempersiapkan penerus bangsa yaitu siswa yang siap menghadapi dunia global.

Pelatihan Kunci Pintu Otomatis

pelatihan kunci pintu otomatis

Pelatihan yang dilakukan juga sejalan dengan salah satu misi SMAN untuk “meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendukung pembelajaran untuk mendukung penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi”, sehingga pengenalan teknologi seperti embedded system dianggap dapat membantu mewujudkan misi tersebut.
Universitas Teknik Indonesia mengirimkan tim didampingi guru TIK sekolah untuk memberikan pelatihan kunci pintu bagi 10 siswa SMAN.

Baca juga: Universitas Teknokrat Indonesia Kenalkan Game for Education dalam Mengembangkan Media Pembelajaran di SMK Amal Bhakti Jatimulyo

Tim tersebut terdiri dari 5 dosen yaitu Ajeng Savitri Puspaningrum, M.Kom, Dian Pratiwi, M.T., Novia Utami Putri, S.T., M.M., Akhmad Jayadi, M.Kom., dan Try Susanto, S.Pd., M.Cs. serta mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman akan pentingnya teknologi informasi di era globalisasi saat ini, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Secara khusus, mahasiswa perlu menambah wawasan dan pengetahuan di bidang kelistrikan, khususnya tentang sistem keamanan rumah dan bagaimana penerapannya.

Penerapan Sistem Kunci Pintu Otomatis

pelatihan kunci pintu otomatis

Sehingga siswa SMAN 10 dapat menerapkan sistem keamanan rumah (door lock) dalam segala aspek, karena di era pandemi ini angka kriminalitas semakin meningkat terutama dalam hal keamanan rumah.
Dalam acara ini, dosen dan mahasiswa kampus hijau juara – Universitas Teknokrat Indonesia mengadakan pelatihan Doorlock. Antusiasme para siswa untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi, karena melalui pelatihan kunci pintu ini mereka menemukan dan membuat sistem keamanan rumah. Sistem bekerja secara otomatis menggunakan kata sandi yang dimasukkan melalui keyboard.

Ketika tombol angka pada keypad ditekan sesuai dengan password yang telah ditetapkan, informasi tersebut akan secara otomatis terkirim ke Arduino Uno yang telah diprogram. Kemudian relay bekerja dan memproses pada kunci pintu elektrik untuk membuat pintu terbuka secara otomatis. “Ini akan meningkatkan keamanan, terutama risiko pencurian,” ujar Novia.
Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Universitas Teknokrat Indonesia dan SMAN 10 dengan harapan dapat meningkatkan kapasitas dosen dan guru bidang pengabdian kepada masyarakat serta meningkatkan kapasitas guru sesuai standar nasional dan internasional.

Wakil Rektor UTI

Bertemu dengan Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM, Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia di tempat lain. Yang diungkapkan adalah bahwa UTI memang mendukung pengembangan bakat dan minat mahasiswa agar dapat lebih mempersiapkan mereka untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan era globalisasi.