Kamis, 04 Juli 2024
Perguruan Tinggi

PRB XVII, FIP Undiksha Tegaskan Bentuk Insan Cerdas, Kreatif, Inovatif dan Berkarakter Indonesia

PRB XVII, FIP Undiksha Tegaskan Bentuk Insan Cerdas, Kreatif, Inovatif dan Berkarakter Indonesia

Singaraja- Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha (FIP Undiksha) melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggelar Pemilihan Remaja Berbudipekerti (PRB) XVII Tingkat Nasional Tahun 2021. Ajang yang yang diikuti siswa SMA/SMK/MA dan mahasiswa se-Indonesia ini memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Bali dan digelar secara semi daring, dimana pembukaan dilaksanakan di Gedung Auditorium Undiksha, Minggu (24/10/2021) dengan tetap menerapkan protocol kesehatan. Sementara itu, peserta dan undangan mengikuti melalui aplikasi Zoom Meeting.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan masyarakat dan Alumni Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. yang hadir sekaligus membuka acara mengungkapkan apresiasinya kepada BEM FIP Undiksha yang telah berkontribusi positif mewujudkan generasi yang unggul dan berkarakter. “Menjadi manusia unggul, tidak cukup dengan kecerdasan intelektual, tetapi harus diimbangi dengan kecerdasan emosional spiritual, jadi keberhasilan kita, itu ditentukan bukan oleh intelektualnya saja, tapi ditentukan juga oleh kepribadian, karakter dan soft skill-nya, hal tersebut yang banyak memberikan kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, hal ini sangat penting bagi kita semua, dalam rangka menghasilkan insan-insan cerdas, kreatif, inovatif dan juga berkarakter Indonesia” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, melalui kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, pemenang dapat menjadi duta untuk pembentukan karakter bangsa. “Saya berharap kegiatan ini terus dilaksanakan, karena mampu memberikan kontribusi yang sangat positif kepada generasi muda. Harapan kita nantinya adik-adik yang terpilih sebagai pemenang, bisa menjadi Duta kepada masyarakat Indonesia, bahkan dunia” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PRB XVII, Ni Putu Putri Budiastini, dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta PRB tahun ini, mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, “Peserta tahun ini mampu mencapai angka 128 peserta dari berbagai Sekolah dan Universitas di Indonesia,” ujarnya. Selanjutnya, Putri menuturkan bahwa untuk berada di tahap ini, peserta harus melewati beberapa tahapan. “melalui seleksi yang cukup ketat, diperoleh 15 besar finalis yang akan mengikuti tes kepribadian, presentasi essay, penilaian video kiprah dan tes minat bakat sebelum tampil dalam malam Grand Final yang akan dilaksanakan pada Kamis, 28 Oktober 2021, bertepatan dengan dirayakannya Hari Raya Sumpah Pemuda, mengenang perjuangan para pemuda Indonesia terhadap negara Indonesia,” pungkasnya. (hms)