Kamis, 04 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Peringati Hari Jadi ke-3, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Undiksha Bersatu Wujudkan Visi

Peringati Hari Jadi ke-3,  Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Undiksha Bersatu Wujudkan Visi

Singaraja- Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) telah menginjak usia 3 tahun. Di usia yang masih terbilang muda ini, civitas akademika terus bergerak membawa jurusan untuk mempercepat mewujudkan visi melalui penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat. Hal ini ditegaskan Ketua Jurusan, Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H.,LL.M., usai membuka acara serangkaian ulang tahun, Sabtu (23/10/2021).

Akademisi asal Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng ini menjelaskan sejak awal berdiri, jurusan berkomitmen untuk mewujudkan lulusan yang andal dan berdaya saing, dengan menghasilkan guru dan sarjana hukum yang profesional. “Ini cita-cita besar jurusan kami. Bagaimana kedepan semakin berkualitas dan semakin berdaya saing, baik di nasional maupun internasional,” tegasnya.

Dalam rangka mewujudkan itu, penguatan Tri Dharma Perguruan Tinggi pun terus dilakukan yang pelaksanaannya juga terdapat kolaborasi dengan pihak lain di luar universitas. Sejauh ini, berbagai prestasi telah berhasil diraih oleh para mahasiswa, baik tingkat nasional dan internasional. Capaian tersebut juga sekaligus mengharumkan nama universitas. “Kehadiran jurusan ini tentunya juga ingin bisa berkontribusi dalam peningkatan daya saing universitas. Sehingga kami terus melakukan langkah-langkah strategis,” katanya.

Peringatan hari jadi ini diisi dengan kegiatan bertajuk Civic Law Celebration. Dewa Mangku mengharapkan nantinya dapat memperkuat rasa kekeluargaan civitas akademika jurusan. Kepada mahasiswa, juga ditegaskan untuk terus menggali dan mengembangkan potensi diri agar nantinya dapat menjadi generasi yang tangguh, sukses, dan adaptif terhadap perubahan.
“Esensi sebenarnya dari ulang tahun jurusan ini bukan hanya untuk hura-hura, tetapi bagaimana kita bisa berkontemplasi, seperti tema yang kita ambil “Do Action and Be Creative During The Pandemic“.

Pembukaan peringatan ulang tahun ini diisi dengan pelepasan burung merpati. Acara ini dihadiri pula Sekretaris Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan dan juga Koorprodi Ilmu Hukum sebagai simbolis bahwa acara telah dibuka. Pada hari yang sama juga diisi dengan olahraga bersama. (hms)