Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Lepas Peserta Diklatsar Mapak Alam, Rektor Imbau Cegah Praktik Perpeloncoan 

Lepas Peserta Diklatsar Mapak Alam, Rektor Imbau Cegah Praktik Perpeloncoan 

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”57660″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id – Rektor Universitas Pasundan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. didampingi Wakil Rektor III Dr. H. Deden Ramdan, M.Si. melepas 15 peserta Pendidikan Dasar Mapak Alam (PDMA) ke-42 di Kampus Tamansari, Jumat (9/12/2022).

PDMA ke-42 akan berlangsung selama 10 hari, 9 – 18 Desember 2022 di tiga lokasi berbeda, yaitu Panaruban (Kabupaten Subang), Tebing Citatah (Padalarang), dan Cikole (Lembang).

Di hadapan alumni, senior, instruktur, dan anggota Mapak Alam, Rektor melarang keras praktik perpeloncoan dan aktivitas yang berpotensi merusak alam.

Peserta PDMA ke-42. (foto: Rico B)

“Saya percaya, semua yang terlibat bisa membimbing dan menjaga satu sama lain, apalagi tadi sudah mengucap credo (janji). Mohon jaga nama baik almamater dan jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” tegas Rektor.

Rektor juga mengimbau untuk tetap memperhatikan kondisi fisik dan tidak memforsir peserta mengingat saat ini kerap terjadi anomali cuaca. 

“Senior dan alumni harus bisa menuntun dan mengarahkan juniornya sesuai falsafah Sunda; silih asah, silih asih, silih asuh. Untuk itu, saya titip, jaga Esprit de Corps (jiwa korsa dan daya juang) selagi di lapangan,” pesannya.

Nantinya, Bidang Kemahasiswaan akan terus melakukan monitoring setiap hari dan menerjunkan personel secara berlapis.

Pelepasan peserta Pendidikan Dasar Mapak Alam ke-42. (Foto: Rico B)

Rektor berharap, Mapak Alam konsisten menjadi organisasi yang disiplin, bertanggung jawab, dan berintegritas.

“Mapak Alam wajib melaksanakan hal-hal yang tersurat dalam SOP dan Kode Etik Pecinta Alam. Diharapkan, dari PDMA ke-42, akan lahir bibit baru yang kuat mental, mampu survive, dan adaptif di setiap kondisi,” ujarnya.

Bentuk Anggota yang Tabah, Tangguh, dan Berani

Ketua Umum Mapak Alam Periode 2022-2023 Rizal Kusdinar memastikan, PDMA ke-42 bebas dari segala bentuk perpeloncoan. Mapak Alam fokus untuk membentuk anggota yang tabah, tangguh, dan berani sesuai tema PDMA ke-42.

Rektor salami peserta PDMA ke-42. (Foto: Rico B)

“Peserta akan dibekali materi keorganisasian, lingkungan hidup, gunung hutan dan SAR, rock climbing, survival, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), dan lain-lain,” katanya.

Rizal menambahkan, PDMA ke-42 diikuti 15 peserta dengan rincian 11 peserta laki-laki dan 4 peserta perempuan. Mapak Alam juga menggandeng tim kesehatan dari Klinik Unpas dan Atlas Medical Pioneer (AMP) Unpad.

“Mudah-mudahan, semua kegiatan berjalan dengan baik. Berangkat dan pulang dalam keadaan sehat,” tandasnya. (Reta)**[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]