Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswi Doktor Ilmu Sosial Unpas Terima Beasiswa dari Jeonbuk National University

Mahasiswi Doktor Ilmu Sosial Unpas Terima Beasiswa dari Jeonbuk National University

BANDUNG, unpas.ac.id – Endah Marlovia, mahasiswi Doktor Ilmu Sosial, Pascasarjana Universitas Pasundan menerima beasiswa dari Jeonbuk National University (JBNU), South Korea.

Beasiswa tersebut diberikan langsung oleh guru besar JBNU Prof. Choi Won Gyu saat diundang sebagai tamu kehormatan pada puncak Dies Natalis ke-62 Unpas, Rabu (21/12/2022). 

JBNU memberikan beasiswa pendidikan sebesar 1,3 juta KRW atau setara dengan 15 juta rupiah untuk jangka waktu tiga bulan.

“JBNU menawarkan banyak beasiswa dan program untuk mahasiswa asing. Silakan rekomendasikan mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris untuk melanjutkan studi di JBNU,” kata Prof. Choi.

Unpas dan JBNU sudah menjalin kerja sama sejak 2015. Pasca penandatanganan MoU, kedua pihak aktif melakukan kegiatan yang melibatkan mahasiswa dan dosen.

Sebelum pandemi, setiap libur musim panas dan musim dingin, JBNU rutin mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan Joint Volunteer Service bersama mahasiswa Unpas, salah satunya bakti sosial di Pangalengan, Kabupaten Bandung.

2016 lalu, JBNU juga pernah memberikan beasiswa doktoral kepada 2 dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpas.

Kedatangan Prof. Choi ke Unpas bukan yang pertama. Kali ini, ia berkesempatan menjadi pembicara pada Konferensi Internasional “Local Innovation Challenge for the Future Society” yang diadakan oleh program Doktor Ilmu Sosial Unpas.

Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. mengatakan, Prof. Choi dan dosen Unpas juga melakukan penelitian tentang pengelolaan limbah di Kabupaten Ciamis.

“Ini menandakan bahwa kerja sama Unpas dan JBNU bukan hanya di atas MoU, tapi benar-benar direalisasikan. Kita terus berupaya membumikannya lewat kegiatan yang bermanfaat,” ujar Rektor.

Terkait pemberian beasiswa kepada mahasiswi S3 Unpas, Rektor sangat bersyukur dan berterima kasih karena civitas akademika Unpas kembali mendapatkan peluang beasiswa dari JBNU.

“Alhamdulillah, JBNU mengapresiasi mahasiswa Unpas dengan memberikan beasiswa pendidikan. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan baik,” tutupnya. (Reta)**