Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTs Darussalam Subah ikuti ajang MYRES 2021

MTs Darussalam Subah ikuti ajang MYRES 2021

MTs Darussalam Subah Ikuti Ajang MYRES 2021

Sebanyak 3 proposal karya peserta didik MTs Darussalam Subah mengikuti lomba Madrasah Young Researcher Super Camp (MYRES) 2021 yang digelar secara online oleh Kementerian Agama. Tiga proposal tersebut ditulis oleh tiga peserta MYRES 2021 yang bersifat perorangan. Adapun bidang penelitian yang diambil adalah bidang Ilmu Sosial dan Humaniora, bidang Ilmu Keagamaan Islam dan bidang Ilmu Matematika, Sains dan Perkembangan Teknologi.
Salah satu proposal yang diajukan yaitu penelitian tentang Program Tasyakur ( Tabungan Masyarakat Kurban) yang selama ini diselenggarakan oleh Yayasan Wakaf Darussalam. Penelitian ini digawangi oleh Nadia Bunga Jauza Ma’wa yang dibimbing Ibu Risetyaningrum, S. Pd . Ide ini berangkat dari keingintahuannya lebih dalam tentang program tabungan kurban yang sudah banyak diikuti oleh warga Kemiri Barat maupun walisantri PP Darussalam Kemiri Subah. Menurutnya, banyak manfaat yang diharapkan yaitu, program yang dibahas pada penelitian ini dapat dijadikan inovasi atau alternatif untuk berkurban bagi muslim lain di luar sana.
Dalam pandangan kepala MTs Darussalam Subah, Romadi, M.Pd bahwa MYRES adalah wadah untuk para siswa madrasah melakukan olah pikir, kreativitas, untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang pengetahuan dan teknologi. Ini merupakan lomba karya ilmiah untuk menggali potensi peneliti muda di Madrasah. Romadi mendukung dan mengapresiasi partisipasi para siswanya dalam MYRES 2021.
“Saya sangat mendukung kegiatan tersebut. Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak/Ibu pembimbing. Semoga upaya kita membuahkan hasil sesuai harapan” tegas Romadi, di Batang, Jumat (30/07).
Raihan Hilmi Zuhdi, siswa kelas IX A, menyampaikan motivasinya mengikuti MYRES. “Saya ingin mengukir prestasi, mengharumkan nama daerah dan sekolah. Kalah atau menang bukan menjadi tujuan, tapi berusaha untuk bisa memberikan yang terbaik.” ujar Hilmi.
Senada dengan Hilmi, Annisa Nahla Syathirah, siswa kelas IX A ini juga mengutarakan motivasinya dalam MYRES ini. “Saya ingin menambah pengalaman dan pengetahuan, serta ingin aktif lagi di lomba-lomba. Harapan saya bisa membanggakan orang-orang terdekat, termasuk sekolah, keluarga, guru, teman-teman yang lain juga. Agar lebih percaya diri” ungkap Nahla yang juga pernah menjuarai kompetisi lomba OSKANU (Olimpiade Sains dan Ke NU an Nahdlatul Ulama) Tahun 2021 Bulan lalu..