Sabtu, 04 Februari 2023
Sekolah Menengah Kejuruan

Fenomena Sosial yang Terjadi di Masyarakat Modern

<strong>Fenomena Sosial yang Terjadi di Masyarakat Modern</strong>

Di zaman yang sudah modern ini banyak sekali perubahan, mulai dari kemajuan teknologi alat komunikasi, kemajuan transportasi, dan masih banyak hal yang positif lainnya. Oleh karena itu banyak fenomena yang terjadi pada masyarakat. Fenomena yang terjadi tidak semuanya positif, adapun fenomena yang negatif. Berikut adalah beberapa fenomena negatif yang terjadi di masyarakat:

Fenomena Sosial Negatif

1. Kriminalitas

Kriminalitas adalah bentuk fenomena yang negatif. Yang dimaksud dengan tindakan negatif ini adalah tindakan kejahatan yang melanggar norma dan hukum yang sudah ditetapkan dan tindakannya dapat merugikan orang lain. Atas tindakan yang dilakukannya, mereka (pelaku kriminal) dapat dijerat secara hukum.

Di zaman sekarang tindakan kriminal tidak hanya terjadi dikota, tindakan kriminal juga sering terjadi di pedesaan. Adapun beberapa tindakan yang dilakukan oleh pelaku kriminal, seperti penculikan, pemerkosaan, pencopetan, pemalakan, pembunuhan, dan masih banyak lagi.

Ada 2 faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindakan kriminal. Faktor yang pertama yaitu eksogen, faktor eksogen adalah faktor kesenjangan sosial, faktor ekonomi, juga faktor lingkungan.

Berikut adalah beberapa kerugian yang dialami oleh korban dari tindakan kriminal, yaitu:

  • Kerugian materi dari korban perampokan
  • Kerugian fisik dari korban pembacokan
  • Kerugian psikis dari korban pemerkosaan
  • Kerugian nyawa bagi keluarga korban pembunuhan

2. Kenakalan Remaja

Semakin berkembangnya jaman, kenakalan remaja semakin bertambah. Banyak remaja yang sudah melakukan kegiatan yang melanggar hukum, norma, dan etika. Dari kegiatan yang dilakukan akan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Kenakalan remaja tidak dilakukan tanpa adanya sebab. Penyebab kenakalan remaja ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan adanya kenakalan remaja:

– Faktor Internal:

  . Tidak bisa mengendalikan diri sendiri

  . Krisis identitas

– Faktor Eksternal:

  . Perceraian orang tua

  . Korban kekerasan orang tua

  . Teman yang tidak baik

  . Lingkungan yang tidak sehat 

Adapun beberapa cara yang bisa membuat remaja agar bisa menikmati masa remajanya dengan baik, yaitu:

– Mengajak remaja untuk berbuat baik

– Menjauhkan remaja dari teman atau lingkungan yang tidak sehat

– Memberikan kasih sayang atau keteladanan kepada remaja

– Mendidik remaja agar mempunyai ketahan dalam melawan diri sendiri

3. Pencemaran Air

Pencemaran air ini merupakan salah satu permasalahan lingkungan hidup di Indonesia.     beberapa faktor yang menyebabkan tercemarnya air, yaitu membuang sampah ke sungai, membuang limbah pabrik ke sungai, dan membuang limbah rumah tangga yang mengaliri sungai. Pencemaran air juga merupakan permasalahan yang dialami oleh negara-negara di dunia. Pencemaran air juga menimbulkan beberapa penyakit, seperti diare, demam berdarah, tifus, hepatitis, dan masih banyak lagi. Selain menyebabkan penyakit, pencemaran air juga mengakibatkan adanya bencana alam, seperti longsor, banjir, erupsi, kekurangan sumber daya air, dan sebagainya. 

4. Korupsi

Korupsi juga merupakan fenomena yang sudah sering terjadi di Indonesia. Korupsi ini bisa merugikan banyak orang. Dampak dari korupsi juga sangat banyak, termasuk keterlambatan pembangunan.

5. Prostitusi

Prostitusi memiliki arti perdagangan manusia yang bertujuan untuk menjadikan seorang wanita sebagai budak seks. Hal ini juga sudah marak terjadi di berbagai daerah Indonesia. Hal ini biasanya terjadi karena faktor ekonomi. Fenomena ini mengakibatkan banyaknya rumah tangga yang hancur.

Fenomena Sosial Positif

Di atas adalah beberapa fenomena yang terjadi dari sisi negatif. Selanjutnya kita akan membahas fenomena yang terjadi dari sisi positif, diantaranya:

1. Mudik

Fenomena ini biasanya terjadi 1 tahun sekali umumnya disaat hari raya Idul Fitri. Mudik sendiri mempunyai arti pulang kampung, mudik ini dilakukan dari tempat perantauan ke tempat asal atau ke kampung halaman. Mudik ini dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan atau budaya yang dilakukan hampir semua orang. Biasanya mudik dilakukan 3 hari sebelum hari raya Idul Fitri. Mudik bisa dilakukan dengan memakai transportasi umum maupun transportasi pribadi.

2. Aksi Solidaritas Saat Bencana Alam Tiba

Fenomena ini sudah sering dilakukan masyarakat Indonesia jika ada suatu wilayah yang mengalami bencana alam. Ada beberapa bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, yaitu banjir, tanah longsor, tsunami, dan gempa. Bantuan biasanya diberikan berupa uang, tempat tinggal sementara, kebutuhan pokok, dan masih banyak lagi.

3.Unjuk Rasa

Aksi unjuk rasa ini biasanya dilakukan oleh sekelompok orang untuk protes terhadap sesuatu di depan umum. Protes yang dilakukan berupa kritik, penolakan, dan penekanan terhadap keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah dan keputusan itu berseberangan dengan pemikiran masyarakat. Aksi unjuk rasa umumnya dilakukan oleh mahasiswa dan para buruh. Fenomena ini sudah menjadi hal yang wajar dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Demikian penjelasan dari fenomena sosial yang terjadi di masyarakat modern, dan dapat disimpulkan bahwa banyak sekali fenomena yang terjadi di masa modern baik dari sisi positif maupun dari sisi negatif. Perlu mempunyai ketahanan dalam diri sendiri agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif.