Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Peranan Dekorasi Dalam Penyajian Pertunjukan Tari

Peranan Dekorasi Dalam Penyajian Pertunjukan Tari

Dekorasi merupakan salah satu unsur yang tidak terpisahkan dari penyajian sebuah pertunjukan tari. Dekorasi berperan penting untuk mendukung, memperkuat, dan melengkapi sajian tari agar menjadi lebih menarik dan memukau.

Mendukung Tema dan Pesan Tari

Mendukung Tema dan Pesan Tari

Dekorasi yang dipilih harus sesuai dan mendukung tema, pesan, serta makna yang ingin disampaikan dalam tarian tersebut. Misalnya, untuk tari yang bertema kepahlawanan maka dekorasinya dapat berupa poster sang pahlawan, patung/arca, ataupun replika senjata untuk memberi kesan gagah dan heroik.

Memperkuat Ekspresi Gerak

Dekorasi juga berfungsi memperkaya dan memperkuat ekspresi gerak dari para penari. Sebagai contoh tari kematian, dekorasi yang menggambarkan suasana pemakaman atau kesedihan dapat membantu penonton lebih percaya dan terhanyut dengan ekspresi gerak penari.

Melengkapi Suasana Tari

Properti, lighting, kostum dan setting panggung yang apik melengkapi suasana dalam tarian serta membawa penonton masuk ke dalam cerita yang disajikan. Misalnya tari Bali dengan canang sari sebagai properti, kipas dan pending-pending untuk tari Jawa, serta aksesoris lainnya.

Dengan demikian, dekorasi memiliki peranan cukup besar dalam penyajian suatu pertunjukan tari. Dekorasi yang sesuai dapat mengangkat kualitas dan keindahan sajian tari secara keseluruhan.