Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

FK UMSU Gelar Yudisium dan Sumpah Dokter Angkatan 31

FK UMSU Gelar Yudisium dan Sumpah Dokter Angkatan 31

Sebanyak 34 mahasiswa program studi pendidikan profesi dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) laksanakan yudisium dan pengangkatan sumpah profesi dokter angkatan ke-31. Dilaksanakan, Jum’at (13/1) di kampus FK UMSU Jalan Gedung Arca, Medan.

Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor I UMSU Prof. Dr. Muhammad Arifin, M.Hum pada sambutannya mengatakan bahwa sesungguhnya profesi dokter itu sangat berkesinambungan dengan profesi hukum, jika dokter tidak lagi memperhatikan kode etik, maka hukum akan menjadi sandingannya.

“Diharapkan lulusan dokter baru memperhatikan kode etik. Di dalam UUD juga sudah ditetapkan hak dan kewajiban dokter serta pasien. Dokter berkewajiban melakukan pelayanan medis yang sesuai dengan standard profesi dan sesuai SOP serta memperhatikan kebutuhan medis pasien. Memohon doa restu dengan orangtu agar bisa berkontribusi untuk masyarakat,” ujar Arifin.

Sementara itu, Dekan FK UMSU dr. Siti Masliana Siregar, Sp. THT-KL(K) mengingatkan bahawa selama melalui proses ujian nasional UKMPPD hingga yudisium dapat membentuk karekter diri mahasiswa FK UMSU untuk masa depan.

“Ini baru langkah awal bagi alumni-alumni kami ke depannya dan setelah ini akan melaksanakan internship. Pesan saya selama menjalankan internship, jalinlah komunikasi yang baik dengan institusi,” pesan Masliana.

Begitupula dengan alumni FK UMSU dr. Ashil Muhammad Abdul Rasyid lulusan program studi pendidikan dokter UMSU, mengingatkan agar momen yudisium bisa menjadi pengingat bahwa janji Allah itu benar.

“Pada surah Al-Insyirah, Allah mengatakan ‘Sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan’ dan Allah kalau berjanji tidak pernah beringkar. Dan kita semua hari ini adalah bukti ketepatan janji Allah itu, Allah juga tidak membenani hamba-Nya. Jadi saya ingin pada momen hari ini, kita menjadi sebuah pengingat di masa mendatang. Apa yang sudah kita capai bukan kerja keras kita sendiri, tapi karena kontribusi orang-orang yang menyayangi kita.” Ujar Ashil.

Yudisium dan sumpah dokter dihadiri WR I UMSU Prof. Dr. Muhammad Arifin, M.Hum, Dekan FK UMSU dr. Siti Masliana Siregar, Sp. THT-KL(K) beserta jajaran, 34 mahasiswa FK UMSU didampingi orangtua.