Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Dilirik Library of Congress Amerika, UMSU Press Komitmen Serahkan Royalti Kepada 142 Penulis

Dilirik Library of Congress Amerika, UMSU Press Komitmen Serahkan Royalti Kepada 142 Penulis

Penerbitan UMSU Press menggelar penyerahan royalti dan penghargaan kepada 142 penulis, Kamis (28/3) di Perpustakaan UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwakili WR 1 Prof. Muhammad Arifin Gutlom, M.Hum didampingi Kepala UMSU Press Dr. Muhammad Arifn, M.Pd menyerahkan royalti sebesar Rp. 47.078.064 dan penghargaan kepada 142 penulis terbitan UMSU Press.

Kepala Penerbit UMSU Press, Dr. Arifin menyampaikan kegiatan ini telah dilakukan selama 4 tahun dan jumlah penulis terus meningkat, “UMSU Press berkomitmen naskah buku yang masuk harus memiliki nilai dan kebermanfaatan yang luar biasa,” ujarnya.

Buku-buku terbitan UMSU Press telah tersedia di tomo buku offline 56 Gramedia, Gramedia Digital, Google Playbook, Shopee hingga Kubuku.

“Alhamdulillah, beberapa waktu yang lalu perwakilan kongres library dari Amerika juga tertarik dengan UMSU Press, mereka suka buku-buku yang bernuansa lokal wishdom dan belaja hingga 5 juta,” kata Dr. Arifin.

Dia berharap kedepan, para penulis bisa fokus pada genrenya novel atau non fiksi untuk menjawab kebutuhan pasar.

Saat ini, dilaporakannya UMSU Press tidak hanya diminati oleh warga UMSU saja, tapi beberapa penulis berasal dari universitas lain seperti UIN, UNPRI hingga UMN.

Melihat perkembangan UMSU Press, WR 1 sangat mengapresiasi dan antuasias akan kegiatan tahunan ini.

“Alhamdulillah, UMSU Press sudah menjebatani para penulis dan UMSU Press tidak ada artinya tanpa penulis. Semoga kegiatan ini bisa membangkitkan semangat teman-teman kita yang belum menulis untuk menulis,” kata Prof. Arifin.

Dia juga menyampaikan pentingnya menulis, menurutnya untuk mengetahui pikiran seseorang tentu dari tulisannya dan untuk bisa mengenal seseoramg, maka bisa mengenal dari tulisannya.

Kegiatan ditutup dengan menyerahkan royalti dan penghargaan UMSU Press Award kepada 10 penulis terbaik dan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan UMSU Press.