Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UMSU Serahkan Rp3,5 Miliar Insentif Publikasi Ilmiah Dosen

Rektor UMSU Serahkan Rp3,5 Miliar Insentif Publikasi Ilmiah Dosen

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof. Dr. Agussani, MAP menyerahkan insentif publikasi ilmiah sebanyak sekitar Rp1,95 miliar lebih kepada 293 dosen. Sebelumnya, telah diserahkan insentif sebesar Rp1,6 miliar batch 1 kepada 300 dosen, sehingga total insentif yang telah diserahkan pada tahun 2023 sebesar 3,5 miliar. Penyerahan dilakukan secara langsung, Senin (1/4) di Auditorium UMSU Jalan Kapt. Muchtar Basri No.3 Medan.

Penyerahan insentif dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun menjadi kebijakan dan budaya di UMSU, tujuannya untuk memotivasi dan memberikan penghargaan terhadap karya ilmiah dosen tetap. Adapun publikasi ilmiah yang diberikan insetif berupa Jurnal, Proseding, HKI, Buku, Jurnal dari Skripsi/Tesis/Disertasi hingga Pengelolaan Jurnal.

Rektor UMSU menyampaikan rasa syukurnya karena agenda ini telah dilaksanakan kurang lebih enam kali. Rektor. Penyerahan insentif tidak akan terlaksana, jika tidak ada pengakuan dan kepercayaan masyarakat terhadap UMSU.

“Ini angka yang fantastis untuk alokasi dana penelitian internal, inilah rasa syukur kita dalam menjalankan program. Saya yakin di UMSU pasti sudah berfikir lebih maju. Saya berharap LPPM dapat menjadi lembaga yang kuat dan berintegritas,” kata Prof. Agussani.

Dia menyampaikan kilas balik perjalanan singkat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMSU yang dari masa ke masa memiliki dosen-dosen bertalenta dalam menjalankan penelitian atau pengabdian.

“Saya harap insentif Rp1,9 miliar dapat dimaksimalkan untuk penguatan, tidak salah sasaran dan benar-benar objektif. Ke depannya juga lebih memperhatikan dan menjaga kualitas karya-karya ilmiah,” harap Rektor UMSU yang turut mengucapkan selamat kepada top 5 dosen UMSU dengan Sinta (Science and Technology Index) tertinggi.

Top 5 dosen tersebut Dekan FIKTI Dr. Al-Khowarizmi, M.Kom, Wakil Rektor II Prof. Dr. Akrim, M.Pd., Ketua LP2M Dr. Muhammad Fitra Zambak, ST., M.Sc, Dose FAI Assoc. Prof Dr. Hasrian Rudi Setiawan, M.Pd.I dan Dosen Teknik Faisal Irsan Pasaribu, ST., MT.

Kemudian, berdasarkan laporan dari Ketua LPPM UMSU, Dr. Muhammad Fitra Zambak, rencana Induk Pengembangan (RIP) tahap 3 (2023-2028) yakni riset universiti dan pemeringkatan intenasional.

“Alhamdulillah, UMSU juga sudah mensubmit dua proposal yaitu dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Pertanian untuk merebutkan dana pandanan 2024 sebesar Rp750 miliar. Mudah-mudahan di bulan ramadan ini mendapatkan hasil yang diharapkan,” kata Dr. Fitra.

Dia juga menyampaikan progres internasionalisasi UMSU di bidang publikasi hingga per April 2024, terdapat rata-rata 58 artikel Scopus setiap tahunnya.
LPPM akan meninjaiu proposal dosen untuk mendapatkan hibah dikti, “Mudah-mudahan tahun ini banyak dosen mengikuti hibah dikti daripada internal,” ujarnya. Sementara dosen yang telah ber-ID scopus sebanyak 326 dosen dan dosen yang terverifikasi Sinta sebanyak 633 dosen.

Ketua LPPM menyampaikan target ke depannya akan dilakukan peningkatan penelitian dan pengabdian tingkat internasional, 80% dosen berID Scopus, 1000 artikel scopus, peningkatan hak paten atau paten sederhana hingga hilirisasi hasil PPM dan Teknologi Tepat Guna.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan insentif secara simbolis kepada perwakilan dosen yang meraih dana hibah internal batch 2 tahun 2023.