Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Teknik Kimia UAD Resmi Jalin Kerja Sama dengan BRIN

Teknik Kimia UAD Resmi Jalin Kerja Sama dengan BRIN

Kunjungan Prodi Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ke BRIN (Foto: Istimewa)

Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjalin kerja sama dengan Pusat Riset Mikrobiologi Terapan (PRMT) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal tersebut merupakan komitmen dari Teknik Kimia UAD untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) unggul di masa depan.

Dalam kunjungannya bersama rombongan PRMT BRIN Cibinong ke UAD, Dr. Ahmad Fathoni selaku Ketua PRMT BRIN menyatakan keseriusannya untuk dapat berkolaborasi dengan Teknik Kimia UAD di masa depan. Salah satu tujuan dari kerja sama tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa yang memiliki kemampuan riset berstandar nasional bahkan internasional.

Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Sunardi, S.T., M.T., Ph.D. menegaskan bahwa pihaknya optimis Teknik Kimia UAD akan memberikan hasil kerja sama yang berguna sesuai harapan bersama. Sementara itu, pihak prodi diwakili oleh Dr. -Ing- Suhendra, S.T., M.Sc. juga menyampaikan bahwa mereka akan melakukan kunjungan balasan ke BRIN Cibinong dan memperkenalkan mahasiswa yang siap untuk melaksanakan riset di sana.

Selain memberi kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk berkarya dengan fasilitas BRIN, kolaborasi antarkedua belah pihak juga diharapkan dapat menjawab keperluan strategis nasional seperti kebutuhan bahan baku untuk industri nutrisi, kosmetik, dan farmasi. Bahan baku berlimpah yang bersumber dari alam Indonesia perlu dikaji lebih banyak lagi untuk mendapat validasi secara ilmiah agar selanjutnya bisa dipakai oleh industri nasional. (tsa)

uad.ac.id