Kamis, 09 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

KENALKAN PERMAINAN PETANQUE, FOPI NTB SASAR PARA PELAJAR JUNCTO SISWA/I dan GURU SMANAR

KENALKAN PERMAINAN PETANQUE, FOPI NTB SASAR PARA PELAJAR JUNCTO SISWA/I dan GURU SMANAR

Editor : ABI

(Smanar_News)_Kamis (23/02/2023). Siswa/i SMAN 1 Narmada berkesempatan mengikuti sosialisasi sekaligus menonton secara langsung pertandingan Petanque pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB 2023, tepatnya di Ruang Terbuka Hijau Pagutan Timur Kota Mataram.

Pertandingan Petanque ini mulai diselenggarakan sejak tanggal 20-23 Februari 2023. Cabang Olahraga Petanque merupakan Cabor baru di bidang prestasi, yang baru pertama kali dipertandingkan secara resmi dalam Porprov XI NTB 2023. Cabor yang masih asing tersebut, mulai masuk ke Indonesia khususnya di NTB. Forum Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) NTB pun terbentuk belum lama ini.

Cabor Petanque memang belum dikenal banyak oleh masyarakat, khususnya di NTB. Hal inilah yang mendasari FOPI NTB gencar mensosialisaikan olahraga petanque, dengan mengundang para guru olahraga serta perwakilan siswa/i pada semua tingkat SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA Se Kota Mataram dan Se Kabupaten Lombok Barat untuk dilakukan pengenalan dan sosialisasi olah raga anyar ini.

Petanque merupakan permainan tradisional asal negara Prancis yang merupakan pengembangan dari permainan zaman Yunani Kuno sejak abad ke-6 SM, versi modern dari permainan Petanque diperkenalkan oleh Jules Boule Lenoir pada tahun 1907 di Kota La Ciotat, di Provence, di Selatan Prancis.

Olahraga Petanque adalah suatu bentuk permainan boules yang bertujuan melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonnet/jack/boka dan kaki harus berada di dalam suatu ingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di tanah keras, tapi dapat juga dimainkan di rerumputan, pasir atau permukaan tanah lain.

Selain diadakannya sosialisasi dan menonton pertandingan secara langsung, Siswa/i Smanar yang ikut serta dalam sosialisasi ini juga dapat mencoba secara langsung permainan Petanque ini. 

“Semoga dengan dilakukannya sosialisasi pada para pelajar ini dapat menambah atlet-atlet cabor Petanque di NTB. Mengingat para pelajar memiliki kesempatan yang cukup besar untuk mengikuti kejuaraan di tingakat PON maupun SEA Games” ujar Lalu Hadi Hartandi selaku salah satu wasit pada pertandingan Petanque kali ini. (Fira).