Sabtu, 25 Maret 2023
Perguruan Tinggi

MoU UM dan UNIBA, Tingkatkan Kualitas dan Kawal IKN

MoU UM dan UNIBA, Tingkatkan Kualitas dan Kawal IKN
image_pdf
Penandatanganan kesepahaman bersama Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Balikpapan (UNIBA) Kalimantan Timur

Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Balikpapan (UNIBA) Kalimantan Timur laksanakan penandatanganan kesepahaman bersama (MoU). Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (27/02/23) ini bertempat di Ruang Sidang Rektor, Graha Rektorat lantai 8. Penandatanganan MoU ini dihadiri Rektor UM, Para Wakil Rektor, Rektor UNIBA beserta jajarannya, Ketua LPPM UM, Sekretaris Universitas, Direktur Data dan Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat, dan Kerjasama, Kepala Pusat Pendidikan, Kepala Sub Hubungan Masyarakat dan Kemitraan, Kepala Seksi Humas, dan Kepala Seksi Kemitraan. 

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan Rektor UNIBA. Dr. Ir. Isradi Zainal yang menyampaikan bahwa penandatanganan ini tidak lepas dari salah satu upaya peningkatan kualitas dan pelaksanaan dari tri dharma perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan ini adalah upaya untuk mengawal Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan segera terlaksana.

“Kebetulan UNIBA menjadi salah satu Universitas yang mengawal IKN, sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan penelitian, pengabdian masyarakat, dan kajian terkait IKN perlu ditingkatkan perkembangannya. Saya percaya bahwa di UM ini banyak pakar dan tentu saja kita bisa bersinergi untuk kedepannya,” ujar Dr. Ir. Isradi Zainal.

“Semoga apa yang menjadi hajat dari pertemuan hari ini berkah, setidaknya bermanfaat bagi masyarakat kampus, baik di UNIBA maupun di UM, dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” lanjut Rektor UNIBA. 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Rektor UM,  Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., yang menyampaikan bahwa penandatanganan MoU ini juga sebagai upaya pengembangan IKN. Turut dikenalkan berbagai fakultas serta departemen di UM yang kedepannya diharapkan mampu saling bekerja sama dengan UNIBA. 

“Seperti yang dikatakan oleh Bapak Rektor UNIBA tadi, Mou tidak bermanfaat jika tidak segera diimplementasikan. Mungkin salah satu implementasinya bisa dimulai dengan saling mengisi perkuliahan, kalau ada prodi yang mata kuliahnya sama mungkin dosen UNIBA dan dosen UM bisa saling mengisi mata kuliah tersebut,” tutur Prof. Hariyono.

Prof. Hariyono juga menyampaikan bahwa penelitian, dan pengabdian masyarakat bisa dilakukan dengan kerjasama antara UM dengan UNIBA. 

“Selain kerjasama dengan luar negeri, kerjasama dengan universitas dalam negeri harus kita tingkatkan. Kita punya tanggung jawab moral, tanggung jawab untuk saling memajukan. Saling tumbuh bersama untuk memajukan dan mencerdaskan anak bangsa,” pungkas Prof. Hariyono. 

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah