Selasa, 30 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Sambut Tahun Ajaran Baru, MAN 2 Sleman Gelar Bimtek IKM

Sambut Tahun Ajaran Baru, MAN 2 Sleman Gelar Bimtek IKM

Sleman (MAN 2 Sleman)- Seluruh bapak dan ibu guru MAN 2 Sleman mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada hari Senin (13/03/2023) di Aula MAN 2 Sleman. “Bimtek IKM kita laksanakan sebagai upaya menyiapkan madrasah untuk menyambut tahun ajaran 2023/2024 mendatang, karena MAN 2 Sleman akan melaksanakan implementasi kurikulum merdeka, tutur H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd saat ditemui reporter madrasah.

Lebih lanjut Edi menambahkan, “Untuk itu semua bapak dan ibu guru sebagai pusat pembelajaran bagi siswa-siswi nya harus terus berkembang serta memahami dengan baik bagaimana implementasi kurikulum merdeka, sehingga siap saat pembelajaran di tahun ajaran mendatang,” pungkasnya.

Kegiatan Bimtek IKM ini dilaksanakan pada siang hari mulai pukul 12.30 – 16.00 WIB, dengan narasumber Pengawas Madrasah Hj. Ida Uswatun Hasanah, M.Pd. Pada pertemuan pertama, materi bimtek membahas tentang “Menganalisis CP-TP-ATP dan menyusun Modul Ajar”. 

“Pada pertemuan pertama ini, bapak dan ibu guru mampu menganalisis capaian pembelajaran, mengembangkan tujuan pembelajaran dari capaian pembelajaran, serta mampu menyusun alur tujuan pembelajaran,” terang Ida saat memaparkan tujuan dari sesi pertama Bimtek IKM.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi, mulai dari materi yang harus dipersiapkan bapak dan ibu guru, pengertian masing-masing istilah baru dalam kurikulum merdeka, serta menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) ke Tujuan Pembelajaran (TP) dan dilanjutkan praktik menyusun Alur Tujuan Pembeajaran (ATP) dari masing-masing bapak dan ibu guru. 

“Narsumnya asyik, menjelaskan dengan runtut sehingga mudah kita fahami, walaupun beberapa materi masih bingung, tapi sedikit demi sedikit sudah mulai mengerti mengenai kurikulum merdeka,” tutur Latifah guru Sosiologi MAN 2 Sleman. (Qoma)