Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

UBSU Jadi Wakil Indonesia di Kejuaraan Hong Kong International Baseball Open 2023

UBSU Jadi Wakil Indonesia di Kejuaraan Hong Kong International Baseball Open 2023

[Kanal Media Unpad] Unit Baseball-Softball Universitas Padjadjaran (UBSU) menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam kejuaraan baseball internasional “Hong Kong International Baseball Open 2023” di Hong Kong, 24 – 26 Maret 2023 mendatang.

Kontingen tim baseball Unpad yang terdiri dari 18 mahasiswa dan empat tim official dilepas secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti serta Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam di Ruang Rapat Rektor, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (16/3/2023).

Perwakilan tim UBSU Adera Ramadhan Trialdrino mengatakan, UBSU dipilih Perbasasi sebagai perwakilan Indonesia untuk mengikuti kejuaraan ini. Total ada empat negara yang mengikuti kejuaraan ini, yaitu Hong Kong, Indonesia, Singapura, dan Thailand.

“Di sana kita melawan tim bukan antar universitas, tetapi tim nasionalnya,” ujar Adera saat diwawancarai Kanal Media Unpad.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut menjelaskan, tim UBSU terpilih setelah memperoleh rekomendasi dari pengurus Perbasasi pusat dan daerah. Rekomendasi diberikan kepada UBSU karena telah banyak meraih juara tingkat nasional maupun internasional dalam lima tahun terakhir.

“Tim Unpad sudah banyak meraih medali dalam lima tahun terakhir. Selain itu, prestasi individu juga banyak diraih, banyak anggota kita yang meraih medali di ajang SEA Games dan PON,” jelasnya.

Berhasil terpilih menjadi wakil, tim fokus meningkatkan intensitas latihan. Adera mengatakan, selain persiapan mengikuti Hong Kong International Baseball Open, tim juga melakukan latihan untuk mempersiapkan diri di ajang PON XXI pada 2024 mendatang. 

Adera pun optimistis meraih prestasi di ajang internasional tersebut. Beberapa peluang terbuka lebar mengingat sebelumnya tim berhasil memenangkan pertandingan melawan tim dari negara peserta Hong Kong Internasional Open 2023.

“Kalau melihat sejarah dari track record pertandingan sebelumnya, kita punya peluang yang besar,” pungkasnya.

Boy pun mengapresiasi kontingen UBSU yang akan berangkat. Sebagian besar atlet yang bertanding merupakan mahasiswa yang diterima di Unpad melalui Jalur Prestasi.

“Alhamdulillah, apa yang kita usahakan dengan membuka mahasiswa di Jalur Prestasi ada hasilnya. Mereka bisa mengeksplorasi dan berikan yang terbaik. Mudah-mudahan bisa berikan hasil yang terbaik,” kata Boy.*