Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Prof. Maman Kusman Sulaeman Tutup Usia

Prof. Maman Kusman Sulaeman Tutup Usia

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali berduka. Salah seorang putra terbaiknya, Prof. Dr. Maman Kusman Sulaeman, S.E., MBA., meninggal dunia pada usia 81 tahun di Rumah Sakit Al-Islam, Bandung, Minggu (7/4/2024) pukul 16.20 WIB.

Prof. Maman Kusman Sulaeman merupakan guru besar purnabakti pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Lahir di Sukabumi, 24 Desember 1942, almarhum menyelesaikan studi Sarjana di Jurusan Ekonomi Perusahaan Unpad pada 1975, Magister Ilmu Ekonomi di Ghent University, Belgia, pada 1981, serta Doktor di perguruan tinggi yang sama pada 1990.

Selain menjadi pengajar dan guru besar di Unpad, almarhum juga aktif mengajar di perguruan tinggi lainnya. Terakhir, almarhum menjadi dosen dan menjabat Wakil Rektor Bidang Administrasi, Kepegawaian, dan Keuangan Universitas Komputer Indonesia pada 2018-2020.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, almarhum Prof. Maman Kusman merupakan sosok penyabar dan memiliki dedikasi kuat sebagai seorang dosen.

“Selama sembilan tahun saya bekerja bersama almarhum, (beliau) punya integritas yang tinggi, memberikan contoh, dan mampu mengayomi para dosen muda,” kata Rektor saat menyampaikan kata-kata pelepasan dalam Upacara Penghormatan Terakhir yang digelar di Masjid Al-Jihad Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Senin (8/4/2024).

Rektor menyampaikan, seluruh jasa bakti almarhum, baik dalam bentuk pemikiran dan karya ilmiahnya, masih akan dipakai untuk pengajaran di FEB Unpad. “Seluruh amal ibadah dan jariyahnya Insyaallah akan terus mengalir,” tutup Rektor.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi FEB Unpad Dr. Kurniawan Saefullah, M.Ec., memiliki kenangan kuat tentang almarhum Prof. Maman. Salah satu yang patut menjadi contoh adalah almarhum Prof. Maman merupakan akademisi yang tidak pernah berhenti untuk belajar meskipun tergolong sebagai akademisi senior di FEB Unpad.

“Meskipun di acara dengan narasumber yang lebih muda, beliau masih menyempatkan hadir bersama kami,” ujarnya.

Usai mendapatkan penghormatan terakhir, almarhum langsung dikebumikan di TPU Cikutra. Sebelumnya, Unpad juga kehilangan salah seorang putra terbaiknya, yaitu Prof. Dr. Ir. Sulya Djakasutami, M.Sc., guru besar purnabakti Fakultas Pertanian pada usia 90 tahun di RS. Muhammadiyah, Bandung, Sabtu (6/4/2024) pukul 11.55 WIB.*