Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Unpad Buka Peluang Kerja Sama Pembelajaran Daring dengan University of London

Unpad Buka Peluang Kerja Sama Pembelajaran Daring dengan University of London

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran melalui Pusat Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Unpad mengikuti kegiatan konferensi Research in Distance Education yang diselenggarakan The Centre for Online and Distance Education (CODE) di Senate House University of London, Inggris, pada Kamis (14/3/2024) dan Jumat (15/3/2024) lalu.

Kegiatan konferensi tersebut dihadiri Kepala Pusat Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Unpad Anne Nurbaity, M.P. PhD., dan Koordinator Divisi IT E-learning Pusat Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Unpad Mira Suryani, S.Pd, M.Kom.

Kepada Kanal Media Unpad Anne mengatakan, pada kegiatan konferensi ini terdapat rangkaian kegiatan lainnya seperti berbagai workshop yang dapat diikuti dan diskusi bersama dengan para peserta. Tidak hanya itu, konferensi ini juga menjadi kesempatan bagi Unpad untuk melakukan penjajakan kolaborasi kerja sama melalui presentasi dan workshop yang diikuti.

Anne berharap setelah kegiatan konferensi dapat terjalin kerja sama dalam berbagai aspek yang berkaitan dengan pengembangan pembelajaran daring dan pembelajaran jarak jauh bersama dengan peserta lainnya, khususnya dengan University of London.

“Jadi yang kemarin kita pertama kali sampaikan adalah keinginan untuk bekerja sama penguatan kapasitas SDM Unpad dengan pihak mereka,” kata Anne.

Selain penguatan SDM, Anne mengatakan kerja sama yang akan terjalin di masa yang akan datang tersebut dapat juga berupa pertukaran pelajar. Anne berharap agar nanti ada mahasiswa Unpad yang mendapatkan kesempatan untuk berkuliah atau menjadi peneliti di sana.

“Insyaallah mungkin kita bertahap dari yang paling visible dulu di tahun ini, tetapi ini juga menjadi program jangka panjang juga karena yang ingin dicapai oleh Unpad juga arahnya sama ke sana,” ujar Anne.

Anne menyampaikan, pelaksanaan presentasi pada kegiatan konferensi tersebut berlangsung dengan sangat interaktif. Baginya, pengalaman itu menjadi inspirasi dalam membangun metode pembelajaran daring yang lebih baik dan interaktif di Unpad.

“Ini jadi membawa inspirasi kita, kita jadi merefleksikan diri apa yang sudah dikerjakan di Unpad dan apa yang ingin kita lakukan selanjutnya. Banyak hal-hal yang bisa kita contoh, saya jadi cukup bersemangat untuk membangun online learning yang lebih maju di Unpad,” jelas Anne.

Selanjutnya Mira mengatakan presentasi serta diskusi yang dilakukan disambut dengan antusias dan mendapatkan apresiasi yang baik, khususnya mengenai project based learning yang sedang diusung oleh Unpad. Mira berharap agar di masa datang Unpad dapat menjalin kerja sama joint degree yang pembelajarannya dapat dilakukan secara daring.

“Ini mungkin nanti ke depannya juga bisa barangkali Unpad menjadi salah satu bagian teaching center dari CODE, sehingga kita bisa kerja sama joint degree, misalnya double degree. Karena kemarin juga menarik pembelajarannya online,tetapi mahasiswa bisa punya double degree,” pungkasnya. (arm)*