Senin, 06 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

VISITASI BAN S/M PROVINSI NTT

VISITASI BAN S/M PROVINSI NTT

Pada hari ini 29 Maret 2023, SMAN 3 Borong sangat berbangga dan penuh antusias menerima kunjugan pemerintah melalui perwakilan Tim Asesor BAN S/M PROVINSI NTT. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya melalui media ini bahwa jatah penilaian pemerintah untuk menilai kinerja lembaga pendidikan SMAN 3 Borong akan berlangsung pada bulan ini dan persiapan untuk itu telah dilakukan hingga pada hari ini. Tim Asesor yang juga merupakan Dosen Universitas St.Paulus Ruteng Bapak Marselinus Robe dan Bapak Fulgensius E Men semenjak pagi pukul 7.00 telah berada di SMAN 3 BORONG dan disambut dengan rangkaian acara adat dan tarian tiba meka oleh Sanggar par leso sebagai tanda kebesaran hati lembaga SMAN 3 BORONG dalam mengikuti proses ini. Dalam sambutannya Tim Assesor menekankan pentingnya kegiatan ini dilakukan demi menunjang mutu dan kualitas yang semakin diperbaharui di satu sisi dan di sisi lainnya demi keabsahan menjadi lembaga pendidikan yang dirujuk pada kepentingan tingkat lanjut anak-anak bangsa yang dididik di SMAN 3 BORONG. Semua dokumen penting demi kelengkapan data pemerintah dan konsistensi dengan data mentah sebagaimana yang diminta menjadi keharusan yang dilakukan dalam mendekatkan paham yang benar dalam menata lembaga pendidikan sehingga benar-benar searah dengan tujuan pendidikan Indonesia pada umumnya.

Bersama Tim Assesor, Bapak Lukas Sumba, S. Fil sebagai KORWAS juga turut hadir dan menyampaikan beberapa arahan penting dalam kerangka akreditasi nasional. Kepala SMAN 3 BORONG Bpk. Konstantinus Everson Rada,S.Psi dalam sambutannya mengapresiasi niat mulia pemerintah dengan mengutus timnya demi menilai proses pendidikan di lembaga SMAN 3 BORONG. Beliau juga menyerahkan seluruh wewenag penilaian kepada tim assesor sehingga seluruh proses yang ada sedapat mungkin tidak dimanipulasi demi kepentingan pendidikan.

Dalam proses akreditasi ini, semua kelengkapan pendidik dan tenaga kependidikan dalam proses pendidikan diselidiki tim assesor melalui metode wawancara kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Beberapa penekanan yang harus dibuat dalam kelengkapan data menjadi perhatian tim assesor dalam proses wawancara yang berlangsung di kantor SMAN 3 BORONG.

Agenda Tim Asesor BAN S/M Provinsi NTT akan berlangsung selama dua hari dan pada hari ini dikhisuskan kepada kelengkapan dokumen pendidik dan tenaga kependidikan. Dalam rancangannya peserta didik akan ditemui tim assesor pada esok hari dan melakukan wawancara dengan mereka berserta visitasi ruang fisik.

Dalam rangkaian visitasi ini, semua pihak yang terlibat langsung dalam proses pendidikan dimintai keterangannya mulai dari Bapak Kepala Sekolah, Bapak KORWAS, Ketua Komite, tenaga pendidik dan kependidikan serta peserta didik.