Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Gelar Karya dan Pameran Seni Budaya

Gelar Karya dan Pameran Seni Budaya

Pada hari Senin, 20 Maret 2023, SMPN 4 Blitar menyelenggarakan kegiatan Gelar Karya P5 Kelas 7 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika bertajuk “Bersatu Dalam Ragam Karya Nusantara”, serta Pameran Seni Budaya Eka Nuswapada. Gelar karya ini menampilkan kreativitas siswa mulai dari fashion show baju adat, tarian daerah, lagu daerah, dan rumah adat di Nusantara. Setiap kelas mengupas kekhasan tiap daerah. Kelas 7A Bali, kelas 7B Sumatra Selatan, 7C Jawa Timur, 7D Sulawesi Utara, 7E D.I Yogyakarta, 7F DKI Jakarta, 7G Kalimatan Barat, 7H Nusa Tenggara Timur, dan 7I Irian Jaya. Mereka memamerkan karya mereka di stand-stand tiap kelas yang dihias sesuai daerahnya masing-masing.

Kegiatan Gelar Karya dihadiri oleh Bapak Samsul Hadi, S.Pd.,M.T. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Bapak Kabul Winarto, S.Pd., M.Pd.I selaku Fasilititator Sekolah Penggerak Angkatan 2, Bapak Ibnu Kharis, S.Sos selaku Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Blitar, Bapak Drs. Muklas, M.Pd., selaku pengawas pembina SMPN 4 Blitar, serta sejumlah Kepala Sekolah Penggerak di SDN dan TKN Kota Blitar.
Kreativitas siswa dalam gelar karya tersebut tentunya hasil belajar selama kegiatan projek. Gelar Karya ini juga merupakan wadah siswa untuk mengimplementasikan elemen dan tema dari p5, diantaranya siswa belajar bergotong royong merencanakan pagelaran, berfikir kritis dan kreatif dalam membuat konsep pementasan, serta menumbuhkan karakter positif dalam diri siswa.

Pameran Seni Budaya Eka Nuswapada (Satu Nusantara) merupakan pameran tugas akhir dari mata pelajaran seni budaya yaitu Bab X Pameran. Dalam pameran ada 2 jenis karya, yaitu Seni Patung Icon Blitar berbahan dasar limbah kertas dan Seni Lukis Payung Motif Batik Nusantara dengan teknik pewarnaan sungging (pewarnaan teknik gradasi warna yang lebih halus/lembut, lebih dari satu warna terang ke warna gelap, maupun gradasi dari satu warna ke warna lainnya). Pameran ini dilaksanakan oleh siswa kelas 9A – 9I. Kelas 9A seni lukis payung, kelas 9B seni patung, kelas 9C seni patung, kelas 9D seni patung, kelas 9E seni lukis payung, kelas 9F seni lukis payung, kelas 9G seni patung, kelas 9H seni lukis payung, serta kelas 9I seni patung. Semua hasil karya siswa ditampilkan dengan menarik dan estetik