Selasa, 07 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

RAMADHAN BERKAH: MUHISKA BERBAGI TAKJIL DI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH

RAMADHAN BERKAH: MUHISKA BERBAGI TAKJIL DI LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH

Bulan suci ramadhan adalah bulan pendidikan. Dimana, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menanamkan kebiasaan baik yang bermanfaat untuk kehidupan kita. Salah satu kebiasaan itu adalah berbagi kebaikan. Bulan suci ramadhan merupakan waktu dimana kita dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan, seperti menghatamkan Al-Qur’an, mendengarkan ceramah, mengikuti kajian keislaman dan bershodaqoh.

Dalam hal ini, untuk dapat memberikan pendidikan pembiasaan baik bagi peserta didiknya, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar kegiatan bagi-bagi takjil gratis di lingkungan sekitar sekolah. Stand utama pembagian takjil ada di depan sekolah, sementara yang lain membagikannya di tempat-tempat yang strategis di sekitar sekolah. Kegiatan ini merupakan program sekolah dalam rangka menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik untuk suka berbagi (shodaqoh), tutur Dra. Willys Sari L, M.Pd. Selain itu, kegiatan ini juga termasuk rangkaian dari agenda ramadhan yang telah disusun oleh sekolah, dan sebenarnya di luar ramadhan pun kegiatan ini juga selalu dilakukan sekolah dengan istilah Muhi berbagi, imbuhnya.
“Selain aksi yang mulia, kami juga sedang mengedukasi masyarakat tentang betapa nikmatnya jika kita mau berbagi. Apalagi ini bulan yang baik, bulan yang penuh berkah. Lewat kegiatan ini akan dapat menghadirkan kebahagiaan diantara kita. Kebahagiaan bagi yang menerima karena mereka mendapatkan makanan, dan kebahagiaan juga bagi kami karena bisa membagikan sedikit dari apa yang kita miliki. Dan ternyata, melalui kegiatan ini dapat menghadirkan senyum bahagia antara mereka yang menerima takjil dan mereka yang membagikan Takjil.” Ujar Willys.
Kegitan bagi-bagi takjil ini merupakan rangkaian dari agenda kegiatan ramadhan. Kegiatan ramadhan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta diawali dengan kegiatan pesantren ramadhan, tilawah dan khotmil Qur’an, kajian ramdhan dan kegiatan lainnya. Dan kegiatan bagi-bagi takjil ini merupakan agenda terakir sebelum peserta didik libur lebaran.

Alhamdulillah, semua agenda ramadhan yang direncanakan sekolah dapat berjalan dengan lancar, dan semoga tahun berikutnya kegiatan baik ini akan dapat diteruskan dan dilaksanakan dengan lebih baik lagi.