Selasa, 07 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

MUHISKA GELAR KHOTMIL QUR’AN DAN KAJIAN RAMADHAN

MUHISKA GELAR KHOTMIL QUR’AN DAN KAJIAN RAMADHAN

Di Bulan Ramadhan ada satu waktu istimewa yaitu malam dimana Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup manusia ini juga termasuk sebagai mukjizat terbesar Rasulullah. Al-Qur’an merupakan kalamullah yang tidak ada rasa kebosanan untuk kita dengarkan bacaannya, bahkan ada pahala melimpah bagi pembacanya, terlebih pada saat bulan Ramadhan. Selain itu, dengan membaca al-Qur’an berarrti kita telah memenuhi salah satu hak al-Qur’an. Jadi sudah sewajarnya jika di bulan penuh berkah ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa mengkhatamkan bacaan al-Qur’annya.
SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, melalui Waka bidang Humas Al Islam juga mempunyai pogram kegiatan Khotmil Qur’an. Namun ada yang berbeda di bulan ramadhan ini, kalau biasanya setiap guru dan karyawan menyelesaikan bacaan 1 juz dalam waktu 1 pekan, maka saat bulan ramadhan kita programkan agar satu hari bisa menyelesaikan satu juz, tutur Willys Sari Listiyani, M.Pd selaku waka bidang Humas al-Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat fastabiqul khairat di kalangan guru dan karyawan, imbuhnya.
Hari ini, Jum’at 14 April 2023 seluruh guru dan karyawan mengikuti kegiatan Khotmil Qur’an. Kegiatan dilaksanakan di mushola putri SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Kegiatan dipandu oleh Ustadz Achmad Thoha, S.Ag selaku pembawa acara. Kegiatan dimulai dengan membaca basmallah dan ummul kitab secara bersama-sama kemudian dilanjutkan dengan Khotmil Qur’an yang dipimpin oleh Ustadz Farhan Qodriyanto, S.Pd.I. Kegiatan dimulai dengan membaca al-Qur’an bersama dimulai dari QS At Takatsur sampai QS An Nas. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa Khotmil Qur’an.
Setelah selesai doa khotmil Qur’an, kegiatan dilanjutkan dengan pengajian ramadhan yang diisi oleh ustadz Suratman, S.PdI. Dalam materinya, Ustadz Suratman, S.Pd.I menyampaikan materi tentang keutamaan membaca al-Qur’an di bulan Ramadhan. Ustadz Suratman, S.Pd.I menyampaikan bahwa Membaca Alquran dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Maka dari itu seseorang yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang berlipatganda dan kebaikan dari Allah SWT sebagai manusia yang soleh. Seperti hadits riwayat dari Tirmidzi bahwa : “Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.” Beliau juga menambahkan bahwa membaca Alquran dapat membuat seseorang terlihat semakin bercahaya dan penuh wibawa. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati dan dihargai banyak orang.
Kegiatan khotmil Qur’an yang merupakan program sekolah ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kecintaan warga sekolah terhadap al-Qur’an. Salah satu bentuk kecintaan itu bisa diwujudkan dengan cara rajin membacanya. Setelah membaca nanti bisa ditingkatkan dengan mentadzaburi isinya, dan puncaknya adalah dengan kita mengamalkan isinya. semoga dengan adanya program ini dapat menambah wawasan keislaman untuk seluruh guru dan karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Dalam Tausiahnya juga, Ustadz Suratman, S.Pd.I menyampaikan bahwa orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an dinilai sebagai orang terbaik disisi Allah SWT. Orang yang ahli Al-Qur’an kelak di akherat akan masuk surga bersama hamba Allah SWT yang dimuliakan seperti para malaikat, para Rasul dan Nabi, para Sahabat Rasululloh para syahidin ulama dan orang-orang yang sholih. Cahaya yang akan menerangi perjalanan hidup seorang hamba dan menuntunnya menuju keselamatan adalah cahaya Al-Qur’an dan cahaya Iman. Merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an merupakan pintu gerbang hidayah bagi kaum beriman.
Kegiatan Khotmil Qur’an dan kajian ramadhan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta hari ini Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar, aman dan penuh hikmah. Seluruh guru dan karyawan yang hadir mengikuti kegiatan terlihat turut hanyut dalam mengaminkan doa khotmil Qur’an dan mendengarkan materi pengajian yang disampaikan. Semuanya nampak sangat khusyuk mengikuti kegiatan khotmil Qur’an dan kajian ramadhan hari ini. Semoga ke depannya kegiatan seperti ini terus dapat berjalan dengan harapan agar al-Qur’an benar-benar membumi di lingkungan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Aamiin