Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

M-Care Raih Medali Emas ITEX 2023

M-Care Raih Medali Emas ITEX 2023

Kesehatan mental tidak hanya berdampak pada kualitas hidup seseorang, namun juga berdampak pada lingkungan sosialnya. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental di masyarakat sudah mengalami peningkatan, meskipun masih ada kekurangan dalam pelayanan kesehatan mental di Indonesia, seperti tenaga kesehatan jiwa hingga penyediaan pelayanan kesehatan jiwa yang memadai dan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

Tim M-Care
Tim M-Care

Berangkat dari kepedulian ini, lima mahasiswa Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya merilis M-Care, sebuah aplikasi yang dapat menyediakan layanan kesehatan jiwa menjadi lebih memadai. Ide ini digagas oleh Janu Andrean, Faris Idan Auliarahman, Clarissa Ratusima Arifi, Sa Bashkaran Adi Warman, Kevin Lowenchris dan Michale Kevin, yang dibimbing oleh Dr. Femiana Gapsari, M.F. S.T., M.T.

Menurut Muhammad Dary Alfyanto selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin, FT UB, M-Care berupaya untuk menjembatani kesehatan mental dengan peningkatan kesadaran akan kesehatan mental. “Faktanya, pada saat ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental masih sangat jauh dari kata baik. Sehingga aplikasi kami akan membantu dalam penyelesaian masalah kesehatan”, ujanrya.

Selain itu, tim ini tidak hanya menyasar kepada orang yang membutuhkan layanan kesehatan mental, tapi juga masyarakat umum. ”Harapannya bisa membantu mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan mental”, imbuhnya.

Meskipun masih dalam tahap konsep, M-Care saat ini sedang dalam proses pengembangan program untuk menyediakan layanan telekonsul, tes dan kuis psikologi, edukasi dan lainnya. ”Tujuan riset ini adalah untuk mengembangkan aplikasi berbasis machine learning seputar psikologi dan psikiatri untuk mendukung isu kesehatan mental di lingkup internasional”, jelasnya.

Dari ide ini, tim mahasiswa UB berhasi meraih medali emas dalam ajang World Young Inventors Exhibition 2023 di Malaysia pada 11-13 Mei lalu, di Kuala Lumpur Conevention Center. Selain itu, tim ini juga didapuk menjadi Asian Young Inventors Best Invention Award 2023 Tertiary Level. (VQ)