Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

PKM Dosen Farmasi Untan: Pembuatan Herbal Oil untuk Mengembangkan Potensi Kewirausahaan Santri

PKM Dosen Farmasi Untan: Pembuatan Herbal Oil untuk Mengembangkan Potensi Kewirausahaan Santri

Program pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. PKM dari tim dosen farmasi kali ini bertujuan untuk mengembangkan potensi kewirausahaan bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Rahim.

Potensi kewirausahaan dapat didorong dengan mengenalkan dan memberi pengetahuan produk yang mudah, murah dan dibutuhkan konsumen. Saat ini pola perilaku konsumen banyak mengarah terhadap produk alternatif yang berasal dari bahan alam. Herbal Oil merupakan salah satu produk bahan alam yang mudah dibuat baik dalam skala kecil maupun untuk dikomersilkan. Program studi farmasi memiliki kompetensi dalam mengolah produk-produk bahan alam salah satunya Herbal Oil. 

Tim dosen farmasi yang melaksanakan kegiatan ini terdiri dari Indri Kusharyanti, M.Sc., Apt sebagai ketua bersama 3 orang dosen lain yaitu Dr. Nurmainah, MM., Apt, Nera Umilia Purwanti, M.Sc., Apt, dan Ressi Susanti, M.Sc., Apt.

Kegiatan PKM ini  dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2023 bertempat di Pondok Pesantren Ar-Rahim yang beralamat di Jalan H.Rais A.Rahman Gang Bukit Gading No.80 A Kota Pontianak. 

Sambutan yang sangat baik dan penuh antusias ditunjukkan oleh santriwan santriwati pondok pesantren Ar-Rahim. Hal ini terlihat dari respon dan interaksi saat pemberian materi serta demonstrasi pembuatan Herbal Oil yang dilaksanakan oleh tim dosen dibantu beberapa mahasiswa prodi farmasi.

Bahkan salah satu santri turut dilibatkan langsung untuk mempraktekkan

cara pembuatan tersebut. “Banyak hal-hal baru yang didapatkan para santri, seperti peralatan mortar stamper, gelas beker dan gelas ukur yang mungkin belum pernah dilihat.” ujar salah satu pengurus.

pondok pesantren yang turut mengikuti kegiatan tersebut. Ustadz Mohammad Sholahuddin, Lc sebagai perwakilan pimpinan Pondok pesantren Ar-Rahim

turut serta menyambut dan mengikuti kegiatan PKM ini. “Kami senang sekali dengan adanya kegiatan ini, sehingga dapat menambah keilmuan dari para santri. Harapannya para santri dapat menyeimbangkan belajar keilmuan akhiratnya maupun ilmu dunia nya. ‘’ ujarnya saat memberikan sambutannya pada sesi pembukaan kegiatan.

Kepala sekolah SMP/SMA Ar-Rahim, Ustadz Muhammad Aris,S.Sos juga menambahkan bahwa kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan santri serta menjadi  variasi kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren sekaligus lembaga sekolah SMP/SMA Ar-Rahim ini. Pondok Pesantren Ar-Rahim berpotensi mengembangkan bidang kewirausahaan bagi santri dan masyarakat sekitarnya, sehingga harapannya materi pembuatan Herbal Oil ini dapat menjadi inspirasi ide pengembangan kewirausahaan yang ada di Pondok Pesantren Ar-Rahim Pontianak.