Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Seminar Nasional FKIP Unila Bahas Peran Pendidik Inovatif dan Berkarakter

Seminar Nasional FKIP Unila Bahas Peran Pendidik Inovatif dan Berkarakter

(Unila): FKIP Universitas Lampung (Unila) mengadakan Seminar Nasional bertajuk “Penguatan Peran Calon Pendidik yang Inovatif dan Berkarakter” pada Rabu, 21 Juni 2023. Kegiatan ini berlangsung di Aula Gedung K FKIP Unila dan diikuti 351 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., menyampaikan, seminar nasional ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memulihkan dunia pendidikan yang terdampak pandemi Covid-19. Ia juga mengapresiasi FKIP Unila yang telah menyelenggarakan acara ini.

“Dengan adanya seminar nasional ini diharapkan dunia pendidikan kembali pulih sehingga dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi-inovasi yang kita miliki,” katanya.

Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Sunyono, M.Si., mengemukakan, pendidik yang inovatif dan berkarakter adalah pendidik yang tidak hanya menguasai materi pelajaran, tetapi juga mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif, interaktif, dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Ia berharap, seminar nasional ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para calon pendidik.

Tiga narasumber utama yang hadir dalam seminar nasional ini meliputi Prof. Dr. Rudi Susilana, M.Pd., dari Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. Fahrurozi, M.Pd., dari Universitas Negeri Jakarta, dan Prof. Dr. Herpratiwi, M.Pd., dari Universitas Lampung. Mereka memaparkan materi tentang konsep dan strategi pendidikan inovatif dan berkarakter di era digital.

Adapun jumlah peserta dari nonpemakalah 203 orang, peserta pemakalah 135 orang yang hadir secara daring, dan 13 peserta secara luring. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan foto bersama, pembacaan doa, dan pemaparan materi oleh narasumber.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama FKIP Dr. Riswandi, M.Pd., dan Ketua Senat Unila Prof. Dr. La Zakaria, S.Si., M.Sc. *

[Reorter: Magang_Zukhruffina Wilda Brilliant / Editor: Siti Nuryani]