Senin, 29 April 2024
Pondok Pesantren

ART GALERY, Ajang Bakat dan Kreativitas Seni Santri

ART GALERY, Ajang Bakat dan Kreativitas Seni Santri

Salah satu kegiatan santri Ma’had Imam Bukhari Solo setelah masa ujian berakhir adalah pameran seni yg diberi nama ART GALLERY. Acara ini menampilkan lukisan dan tulisan terbaik karya santri yg pernah disajikan di majalah dinding pesantren. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Qism Lauhah dari Organisasi Santri Pondok Pesantren Imam Bukhari (OSPIM) mulai dari tanggal 1 -3 juli 2023.

Menurut Ismail sebagai santri kelas 3 Tsanawiyah yang menjadi ketua panitia, kegiatan pameran seni ini secara rutin diadakan secara tahunan. Akan tetapi, event tahun ini adalah event yg pertama kali diadakan dalam format yg lebih resmi dan persiapan yg lebih matang.

Sebelumnya, pameran hanya menampilkan karya-karya pilihan yg pernah dipajang di majalah dinding pesantren.

Kali ini para santri yg tergabung dalam Bidang Kesenian atau Qism Lauhah secara sengaja membuat karya terbaik yg akan ditampilkan dalam pameran ini. Hasilnya, berbagai macam lukisan cat minyak di atas kanvas tersaji indah menghiasi dinding panel ruang pameran. Karya-karya ini belum pernah ditampilkan di majalah dinding sebelumnya. Hal ini banyak menarik perhatian para santri untuk berkunjung ke pameran.

Selain lukisan, ada kerajinan tangan berbahan stik kayu yang ditampilkan dalam pameran. Nampak sebuah miniatur kapal pinisi dengan layar terkembang bersandingan dengan battleship lengkap dengan meriamnya. Ada juga miniatur mobil balap F1 dan Robot WALL E.

Dalam acara ini, para pengunjung bisa membeli merchandise berupa t-shirt yang disediakan di ruang pameran. Pengunjung juga bisa memesannya dengan berbagai pilihan desain yang terdapat dalam katalog.

Kegiatan Art Galery ini menjadi ajang dalam menyalurkan hobby para santri di bidang seni. Pesantren Imam Bukhari sebagai lembaga pendidikan memberikan ruang dan fasilitas yang memadai untuk berkembangnya bakat para santri.

Video dan Gambar