Senin, 29 April 2024
Pondok Pesantren

Hari Terakhir MOS Ponpes Imam Bukhari Diisi dengan Rihlah dan Pembagian Hadiah

Hari Terakhir MOS Ponpes Imam Bukhari Diisi dengan Rihlah dan Pembagian Hadiah

Alhamdulillah, kegiatan orientasi santri baru ponpes Imam Bukhari tahun pelajaran 2023-2024 berjalan dengan lancar. Kegiatan berlangsung selama 4 hari, mulai hari Senin 10 juli sampai dengan hari Kamis 13 juli 2023. Hari terakhir masa orientasi santri baru diisi dengan kegiatan rihlah dan pembagian hadiah.

Materi orientasi berisi pengenalan santri baru terhadap lingkungan pesantren. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu santri baru beradaptasi dengan lingkungan pesantren dan sekitarnya, baik terkait sarana prasarana, kegiatan harian, kemandirian, kekeluargaan, serta menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif bagi santri.

Selepas sholat subuh, kegiatan orientasi dimulai. Acara diawali dengan kegiatan olah raga dan pengenalan lingkungan pesantren. Sambil berjalan-jalan bersama ustadz pembimbing, santri baru dijelaskan sarana prasarana dan fasilitas yg ada di pesantren. Mulai dari masjid, kelas, kantor, perpustakaan, minimarket, kantin, arena olahraga dll. Sesipun berlanjut dengan sesi-sesi berikutnya. Ada sosialisasi kegiatan halaqoh Qur’an, sosialisasi pengajaran, sosialisasi kesantrian, fiqih ibadah harian, pendataan ekstrakulikuler, dll. Satu sesi kegiatan berdurasi antara 60 sd 90 menit. Dalam sehari terdapat 4 sampai dengan 5 sesi kegiatan.

Dalam suasana yang serba baru, para santri mengikuti acara demi acara dengan antusias. Pada jam-jam istirahat para santri terlihat saling berkenalan, bercerita dan bercanda. Tawa bahagia terdengar saat-saat mereka bercengkerama.

Kebahagiaan para santri baru, salah satunya diungkapkan oleh Muhammad Hilmy Sarwono. Santri baru program I’dad Lughawi asal Depok Jawa Barat ini merasa bahagia bisa diterima di Ponpes Imam Bukhari. Dia senang dengan ustadz-ustadz pondok yang berbahasa arab, menu makanan dapur yang enak dan dilengkapi buah, serta standby nya para petugas di pos-pos jaga yang membantu sekaligus mengarahkan para santri baru. Dengan wajah yang berbinar, ia optimis akan betah menempuh masa belajar, insyaallah

Seiring dengan jadwal kedatangan santri lama pada hari Jum’at tanggal 14 Juli 2023, kegiatan belajar mengajar di kelas seluruh santri ponpes Imam Bukhari tahun pelajaran 2023-2024 dimulai pada hari Sabtu 15 Juli 2023.

Pondok Pesantren Imam Bukhari berusaha menghadirkan pelayanan terbaik bagi para civitas pendidikannya, baik berupa pengadaan fasilitas belajar yang memadai maupun upaya untuk menciptakan suasana pendidikan yang nyaman dan kondusif, biidznillah (AME)