Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim Dosen Unimed Tingkatkan Produktivitas Mitra Burung Puyuh Petelur Melalui Pakan Mandiri

Tim Dosen Unimed Tingkatkan Produktivitas Mitra Burung Puyuh Petelur Melalui Pakan Mandiri

LPPM Unimed menugaskan Tim Dosen yang beranggotakan Hanapi Hasan, S.Pd., M.T., Banu Nursanni, S.Si., M.Si., Dr. Yuni Warty, S.Pd., M.Si., Sapitri Januariyansah, S.Pd., M.Pd., MCE., dan beberapa mahasiswa untuk melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM di laksanakan di Asahan  pada tanggal 08 Agustus 2023 . Dalam kegiatan ini turut ikut pula Henry Iskandar, S.Pd., M.Pd.T dan Eswanto S.T., M.Eng. sebagai narasumber. Mitra sasaran PKM ini adalah UMKM Budianto Farm yang merupakan salah satu pengusaha burung puyuh petelur di Desa Punggulan dengan permasalahan utama pada pakan ternak.

Hanapi Hasan, S.Pd., M.T. dalam sambutannya menuturkan bawah “LPPM Unimed melalui tim dosen memiliki visi yang kuat dalam penyelesaian masalah masyarakat. Kegiatan ini merupakan satu diantara banyak kegiatan yang dikelola LPPM Unimed dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Kami berharap melalui kegiatan ini, Mitra dapat melakukan ekspansi usaha ke arah yang lebih baik”. Kegiatan ini disambut baik oleh Budianto, S.Pd. (Pemilik UMKM Budianto Farm) “Kami sangat berterima kasih atas bantuan berupa teknologi dan ilmu pengetahuan yang diberikan tim dosen Unimed. Kami berharap tim dosen Unimed tidak bosan untuk selalu memperhatikan kami, membimbing kami, dan menjadi mitra kami dalam pengembangan usaha. Tentu saja, kegiatan ini sangat membantu kami dalam menyelesaikan permasalah-permasalahan kami dalam berwirausaha burung putuh petelur”.

Kegiatan ini berisikan dua sub kegiatan yaitu pelatihan pembuatan pakan pelet burung puyuh petelur dengan menggunakan alat pengaduk dan pencetak pelet. Kegiatan ini dipandu oleh Hanapi Hasan, S.Pd., M.T. dan Henry Iskandar, S.Pd., M.Pd.T. Kegiatan lainnya adalah pelatihan pemasaran melalui kemasan telur yang dipandu oleh Eswanto S.T., M.Eng dan mahasiswa. Dalam pelaksanaanya, tim dosen menyampaikan materi dan melakukan demonstrasi pembuatan pakan dan kemasan menggunakan teknologi yang diberikan. Selanjutnya, mitra melakukan unjuk kerja dengan didampingi tim dosen.

Kegiatan berjalan secara efektif, aktif, dan kooperatif dengan antusiasme tinggi dari mitra. Banyaknya pertanyaan yang terlontarkan oleh mitra menjadikan kegiatan lebih menarik. Aktivitas ini terus belanjut sampai mitra dapat memproduksi pelet dan kemasan. Selanjutnya, kegiatan diakhiri dengan bincang-bincang ringan antara tim dosen Unimed dan mitra tentang usaha burung puyuh petelur.(Humas Unimed)