Selasa, 14 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) – SMKN 8 Jakarta mencanangkan gerakan literasi sekolah untuk segenap warga sekolah, Senin 04 Agustus 2023. Gerakan literasi sekolah adalah gerakan yang bertujuan untuk menjadikan eskolah sebagai tampat untuk belajar membaca dan menulis agar warganya bisa selalu literat sepanjang hidup dengan melibatkan peran publik.

Latar belakang GLS, gerakan penumbuhan budi pekerja sebagaimana dituangkan dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015, literasi abad 21, literasi karakter, 4C, Asesmen Nasional (Literasi membaca, numerasi dan survey karakter). Dan yang memprihantikan hasil PISA 2012 Indonesia, urutan ke-64 dari 65 negara peserta dalam “Reading Literacy”

Hal yang menarik adalah beberapa siswa sudah menumbuhkan minat dan bacanya dan mampu mengulang kembali ringkasan alur kisah dalam buku bacaannya, sekolah pun mengapresiasinya. Ragam kegiatan pelaksanaan GLS sekolah disampaikan oleh koordinator Pojka Literasi Numerasi – Wakil Sekolah Bidang Kurikulum – Titin Supini, M.Pd melalui pembagian kelompok siswa yang dibimbing oleh setiap gurunya, gerakan ini diwujudkan dalam karya siswa, mading sekolah, pohon literasi dan Musikalisasi Puisi.

Kesempatan ini pun diberikan informasi promosi Perpustakaan oleh Alfian, S.Pd selaku kepala perpustakaan sekolah yang meruapakan wadah dan sumber utama gerakan literasi di sekolah. Dan motivasi berliterasi yang disampaikan oleh Khairita, S.Pd selaku guru matematika. Motivasi literasi dicontohkan dengan beberapa bacaan Puisi, cuplikakan bacaan dan penggalan sajak dan lagu.  Siswa antusis menyimak penggalan bacaan dan sajak yang disampaikan oleh Khairita, S.Pd.  Sebelum ditutup dikenalkan pula latar belakang Bulan Bahasa yang disampaikan oleh Nuryani, S.Pd selaku ketua pokja Literasi Sekolah.

Ayo, semua warga sekolah kita biasakan membaca buku non teks karena banyak membaca, membuka wawasan dan mampu mengubah kemiskinan.

Salam membaca, salam literasi