Sabtu, 04 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PELAKSANAAN PSIKOTES KELAS X

PELAKSANAAN PSIKOTES KELAS X

Untuk mengetahui minat, bakat dan gaya belajar peserta didik, SMAN 1 Godean melaksanakan psikotes bagi kelas X tahun pelajaran 2023/2024. Kegiatan yang merupakan kerjasama antara SMAN 1 Godean dengan Biro Psikologi Detection Ions International Educations dilaksanakan pada hari Jumát tanggal 6 September 2023 diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 214 anak.

Tes psikologi bagi peserta didik kelas X juga bertujuan untuk menggali informasi tentang potensi yang dimiliki siswa dalam rangka persiapan memasuki fase F (kelas XI). Di kelas XI selain menempuh kelompok mata pelajaran umum, peserta didik juga menempuh kelompok mata pelajaran IPA dan kelompok mata pelajaran IPS sesuai pilihan siswa. Untuk menentukan mata pelajaran pilihan, hasil tes psikologi dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan.

Sebelum mengikuti tes psikologi, peserta didik mendapat pengarahan dari sekolah dan Ions International. Dalam pengarahan tersebut disampaikan agar peserta didik mengerjakan tes psikologi dengan serius supaya diperoleh hasil tes yang valid dan sesuai keadaan sesungguhnya. (suharyadi)