Minggu, 12 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mengusung Tema ‘Budidaya Maggot BSF’ Mahasiswa UNJA Juara 2 Nasional GEMNAS

Mengusung Tema ‘Budidaya Maggot BSF’ Mahasiswa UNJA Juara 2 Nasional GEMNAS

Jambi,- Tim Mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) berhasil meraih Juara 2 Business Plan Competition dalam ajang perlombaan GEMNAS (Gebyar Mahasiswa Kewirausahaan Nasional) Batch 6 yang berlangsung di Universitas Negeri Padang, pada 12-15 Oktober 2023.

Perlombaan ini bertujuan untuk membentuk wirausahawan yang sukses dengan kreativitas tanpa batas, yang mana kreativitas ini tidak membatasi jiwa-jiwa muda berwirausaha pada situasi dan kondisi apapun. Adanya wirausaha yang sukses dan kreatif tersebut seseorang diharapkan mampu melakukan perubahan dari segala segi kehidupan, terutama dalam entrepreneur transformasi digital.

Lomba diikuti oleh 29 tim yang terdiri dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Tim tersebut terdiri dari Prasetyo Nurhidayat (Prodi Manajemen, Angkatan 2021), M. Rais (Prodi Ekonomi Islam, Angkatan 2021) dan Yoga Fadhlih Sarwono (Prodi Ekonomi Pembangunan, Angkatan 2021).

Atas prestasi tersebut, mereka berhasil membawa pulang Trofi, Tabanas, dan Piagam Penghargaan. Prasetyo Nurhidayat, sebagai perwakilan dalam tim menyampaikan motivasi mengikuti lomba, persiapan yang dilakukan, serta menyampaikan harapan untuk kedepannya dengan cara budidaya Maggot BSF.

“Motivasi awal mengikuti lomba ini berawal dari keinginan untuk membuka usaha dalam budidaya Maggot BSF sebagai agen biokonversi sampah organik yang menjadi problematika isu lingkungan saat ini dengan membawa misi mewujudkan zero organik waste di Indonesia. Dari hal tersebut kami tertarik untuk mengikuti kompetisi business Plan Nasional yang diadakan oleh UPKK (Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan) Universitas Negeri Padang,” ungkapnya.

Menurutnya berbagai persiapan diakukan seperti pengujian produk turunan dari maggot sebagai produk diversifikasi hingga terbentuk sistem ekonomi sirkular dari bisnis yang dilakukannya.
“Menganalisis kelayakan usaha dari analisis keuangan, sosial, dan mencari data, artikel dan jurnal pendukung dari usaha ini baik dari segi sistem maupun nutrisi dari maggot BSF sebagai solusi pakan alternatif di peternakan dan pertanian, dan harapan kami kedepannyakami dapat mengimplementasikan rencana bisnis yang sudah diajukan untuk mewujudkan zero organik waste di Indonesia,” lanjutnya.

Dr. Musnaini, S.E., M.M. selaku Kaprodi Manajemen mengungkapkan rasa bangga terhadap mahasiswa yang berperan aktif untuk inovasi berkelanjutan.

“Prodi manajemen konsen banget untuk student achievment. Keberanian mahasiswa berkompetisi bentuk aktulisasi mahasiswa kami berperan aktif untuk bangsa ini. BPC Gemnas menjadi sarana aktif yang dapat dipercaya bahwa hasil karya anak-anak kami bisa bermanfaat untuk inovasi berkelanjutan bagi bisnis di Jambi, nasional maupun global. Selamat untuk Prasetyo dan kawan-kawan, semoga selalu menjadi hebat,” pungkasnya.

Silvia Yuliansari Asril / Annisa / HUMAS