Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

BACK TO BACK CHAMPION

BACK TO BACK CHAMPION

TIM BOLA BASKET PUTRI SMP NEGERI 4 PAKEM KEMBALI MENJADI YANG TERBAIK DI DIY-JATENG DALAM WARGA BASKETBALL COMPETITION 2023

Kami putra putri SMP Negeri 4

Pakem Sleman Jogjakarta

Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan

Mengamalkan Pancasila

Rajin belajar menciptakan daya kreasi

Untuk meraih prestasi

Semangat yang membara

PRADNYASIWI bergelora

Tekad karakter juara

Disiplin patuh mandiri gotong royong

Jujur cinta sesamanya

S’mangat t’rus maju SMP Negeri 4 Pakem

Jaya selama-lamanya!

Lagu mars Pradnya Siwi kembali menggelora di Gedung Olahraga Warga, Surakarta tepatnya dalam ajang Warga Basketball Competition 2023. Dalam partai final yang berlangsung pada Sabtu, 25 November 2023 tim bola basket putri SMP Negeri 4 Pakem mengandaskan mimpi SMP Stella Duce untuk mengakuisisi gelar juara yang pada tahun sebelumnya diraih oleh SMP negeri 4 Pakem. Melalui permainan solid Donita dan kawan-kawan tampil dominan sehingga menang dengan skor 31–12. Kemenangan pada laga pamungkas tersebut sekaligus mentahbiskan srikand-srikandi Pradnya siwi meraih back to back champion. Sepanjang turnamen tim putri SMP negeri 4 Pakem seolah tidak tertandingi. Kedigdayaan mereka diawali dengan meluluhlantakan SMP Insan Cendekia dengan skor 54–3, selanjutnya Pafietta menjadi bintang kemenangan SMP Negeri 4 Pakem dengan menang telak 55–3 melawan SMP Negeri 3 Sukoharjo. Setelah menuntaskan perlawanan dari SMP Negeri 3 Sukoharjo pertandingan berikutnya melawan sesama sekolah dari kabupaten Sukoharjo. Kali ini SMP Negeri 2 Sukoharjo mencoba kebolehan Pradnya Siwi Girls, permainan apik yang disuguhkan Shakyra dan kawan-kawan tidak mampu diimbangi oleh SMP Negeri 2 Sukoharjo, pertandingan berakhir dengan kedudukan 69–6 untuk keunggulan mutlak SMP Negeri 4 Pakem. Berkat hasil di babak penyisihan grup mengantarkan tim basket putri SMP Negeri 4 Pakem yang pada medio September juga menjadi yang terbaik dalam gelaran Kompetisi Olahraga Pelajar (KOP) tahun 2023 tingkat kabupaten Sleman melenggang ke babak semifinal.

Jagoan dari kabupaten Wonogiri mencoba menghadang pada babak semifinal. Adalah SMP Negeri 2 Jumantono yang merupakan salah satu penantang terkuat dari kabupaten Wonogiri memberikan perlawanan yang sengit di babak ini. Kelelahan akibat padatnya jadwal sekolah tidak menghalangi tim SMP Negeri 4 Pakem untuk memberikan yang terbaik. Pertandingan berjalan dengan sangat ketat. Sempat tertinggal poin, akan tetapi berbekal ketenangan dan ketrampilan olah bola basket anak-anak dari lereng Merapi, perlawanan SMP Negeri 2 Jumantono berhasil diredam. Keunggulan dengan skor tipis 18–17 berhasil diraih oleh Zeta dan kolega.

Pada partai final sudah menunggu lawan kuat lainnya sesama tim dari Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu SMP Stella Duce. SMP Stella Duce datang dengan motvasi yang membuncah setelah memenangi laga dramatis pada partai semifinal. Dibekali dengan mental yang kuat dan keunggulan fisik, SMP Stella Duce yang memiliki tradisi basket yang kuat berhasil dikandaskan dengan skor 31-12.

Kesuksesan untuk yang kesekian kalinya dari tim basket SMP Negeri 4 Pakem ini terwujud karena kesolidan dari seluruh punggawa tim basket meliputi pemain, orang tua hinga dukungan penuh dari pihak sekolah. Pemain sangat menjaga disiplin dan sportifitas. Pafietta dan kawan-kawan tidak ketinggalan akan tugas utamanya sebagai pelajar SMP Negeri 4 Pakem yang selalu dituntut sadar untuk selalu menjadi yang terbaik dalam berbagai hal. Tugas dan tanggung jawab sebagai pelajar tetap menjadi nomor satu, walaupun demikian mereka tetap meluangkan waktu untuk serius dalam berlatih basket yang merupakan olah raga yang menjadi favorit bagi sebagian siswa-siswi SMP Negeri 4 Pakem.

“Sekolah akan selalu memberi dukungan kepada kegiatan pengembangan diri peserta didik sepanjang yang bersangkutan tetap sportif dan menjaga kedisiplinan di dalam menaati peraturan sekolah,” kata Ponidi selaku kepala SMP Negeri 4 Pakem. Terbukti bola basket menjadi salah satu kegiatan pengembangan diri yang menjadi perhatia serius pihak sekolah karena terbukti soliditas pemain dan orang tua kerap menghasilkan prestasi yang membanggakan. Ke depan Ponidi berharap olah raga basket di SMP Negeri Pakem  bisa terus menjadi yang terbaik dengan tidak meninggalkan capaian wajib bagi seluruh pemain selaku peserta didik SMP Negeri 4 Pakem. Kegiatan pengembangan diri yang pesertanya selalu sportif dan disiplin serta mendapat dukungan dari orang tua akan menjadi prioritas untuk terus dikembangkan di SMP Negeri 4 Pakem, demikian Ponidi menambahkan pernyataannya.