Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Dua Pesilat SMP Negeri 4 Pakem Sabet Dua Medali Perak Dalam Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Se-Kabupaten Sleman Tahun 2023

Dua Pesilat SMP Negeri 4 Pakem Sabet Dua Medali Perak Dalam Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Se-Kabupaten Sleman Tahun 2023

Foto : Batris dan Valya pegang medali, bersama pelatih di akhir sesi pertandingan

Dua pesilat duta SMP Negeri 4 Pakem raih medali dalam Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Se-kabupaten Sleman tahun 2023. Adalah Dayana Batrisya Ardiningrum Fitrikansyah siswa kelas 7E (kelas berasrama) dan Frezhida Valya Pualiyan siswa kelas 8A  yang berhasil menyabet medali perak dalam gelaran tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pencak silat Indonesia (IPSI) kabupaten Sleman. Bertanding di kelas I Putri SMP, Batris mendapatkan medali setelah melalui serangkaian laga melelahkan. Pada babak penyisihan dara cantik kelahiran Yogyakarta, 23 September 2010 berlaga di hari kedua yaitu Selasa, 21 November 2023 di sesi siang. Bertanding di gelanggang 2 pada nomor pertandingan 118 Batris penuh percaya diri berhasil memenangkan partai tersebut untuk membawanya melaju ke babak 8 besar.

Pada babak 8 besar Batris bertanding pada hari Kamis, 23 November 2023 kembali pada sesi siang. Mengulangi pencapaian pada babak penyisihan, ketangguhan Batris belum tertandingi oleh lawannya. Unggul segalanya mulai dari teknik hingga fisik mengantarkannya dirinya memenangi laga dan berhak melaju ke babak semi final.  Sehari berselang tepatnya pada Jumat, 24 November 2023 laga semi final berlangsung dengan ketat. Jual beli pukulan, tendangan hingga bantingan berlangsung seru antara Batris dan lawannya. Setelah melalui penilaian juri akhirnya diputuskan pesilat andalan SMP Negeri 4 Pakem tersebut berhasil memenangkan laga dan berhak maju ke babak final. Lawan berat menanti pada babak final, Batris dihadapkan pada lawannya yang merupakan atlet binaan IPSI pada pemusatan latihan daerah kabupaten Sleman. Sempat memberikan perlawanan pada awal pertandingan akhirnya pada keikutsertaan yang pertama di Kejuaraan Pencak Silat se-Kabupaten Sleman ini harus mengakui keunggulan lawannya sehingga Dayana Batrisya Fitrikansyah dinyatakan meraih medali perak.

Pradnya Siwi lain yang meraih medali perak adalah Frezhida Valya Pualiyan. Valya gadis asli Sleman yang terlahir pada 29 Desember 2010 bertanding pada nomor laga yaitu di kelas L putri SMP. Siswi kelas 8 A ini menjadi terbaik kedua setelah melalui babak awal dengan mengalahkan lawannya. Pada babak final semangat yang ditunjukkan oleh Valya belum cukup utuk menjadikannya pemenang sehingga medali perak menjadi pencapaian terbaiknya pada Kejurkab kali ini.

Pelatih tim SMP Negeri 4 Pakem Aldillah Jabbar Aga menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan anak didiknya meraih dua medali perak dalam Kejurkab tingkat kabupaten Sleman tahun 2023. Disiplin dari pesilatnya menjadi kunci dari capaian kali ini.

Sementara Kepala SMP Negeri 4 Pakem, Ponidi mengucapkan selamat kepada tim Pencak Silat Pradnya Siwi yang kembali mendapat hasil menggembirakan yaitu dua medali perak. Kegiatan pengembangan diri yang mengedepankan karakter diri positif menjadi prioritas sekolah. SMP Negeri 4 Pakem berusaha untuk menghasilkan lulusan yang unggul tidak hanya dalam capaian akademik saja tetapi lebih dari itu juga membekali seluruh peserta didiknya dengan karakter positif yang kuat untuk menghadapi kerasnya persaingan di masa depan. “Selamat untuk ananda Batris, Valya, dan pesilat yang lain serta pelatih atas capaian di Kejurkab Pencak Silat Pelajar se kabupaten Sleman tahun 2023, semoga ke depan semakin maju,” demikian Ponidi mengakhiri ucapannya.

Pradnya Siwi Jaya !!!