Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

MEMBANGGAKAN, 30 PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PEMALI DIIKUTSERTAKAN RAIMUNA DAERAH BANGKA BELITUNG

MEMBANGGAKAN, 30 PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PEMALI DIIKUTSERTAKAN RAIMUNA DAERAH BANGKA BELITUNG

PEMALI, SMANSALI POS – Pada November tahun 2023, siswa/i anggota ekstrakurikuler Pramuka SMA NEGERI 1 PEMALI meriahkan kegiatan RAIMUNA DAERAH (RAIDA) yang kali ini bertemakan “SEPRADIK” , singkatan dari “Semangat, Asyik, Produktif, dan Mendidik”. RAIDA diselenggarakan oleh Ketua kwartir daerah Melatih Elzaldi dan Dewan Kerja Daerah (DKD) Husnun Nisa, dengan dilaksanakan selama 5 hari berturut-turut dimulai pada tanggal 21-25 November 2023 di Bumi Perkemahan Bumi Pertiwi, Balunijuk, Bangka.

Kurang lebih 30 siswa-siswi SMA Negeri 1 Pemali diikutsertakan dalam kegiatan RAIDA, terdiri dari anggota pramuka golongan Penegak dengan 2 Sangga Balaputradewa (pelaksana dan perintis) dan 2 Sangga Tribuana Tunggadewi (penegas pendobrak). Selain SMA Negeri 1 Pemali, ada begitu banyak peserta penegak SMA/SMK/KULIAH yang turut serta dalam RAIDA dari seluruh Provinsi Bangka Belitung.

Ikon dari kegiatan Raimuna Daerah ini sendiri adalah “Boneka Rana”. Berbagai kegiatan dilaksanakan dengan meriah dan dua diantaranya yaitu konser dan mini games. Kegiatan RAIDA ini sendiri bertujuan untuk bersenang-senang, melatih kekompakan, menjalin silaturahmi, meningkatkan keakraban dengan sekolah lain, dan yang paling utama, bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kepramukaan, melatih jiwa kepemimpinan, dan ketangkasan sosial.

RAIDA di hari pertama dimulai dengan pendirian tenda, acara pembukaan dengan berbagai penampilan Tarian Daerah dari Bangka Belitung, Malam Perkenalan ‘Gebyar Serumpun Sebalai’, dan ‘Ngayau’.

Di Hari kedua kegiatan yang dilaksanakan adalah Kampus Seperadik, penampilan yel-yel dari tiap kwarcab, petuah inspiratif, dan kegiatan Malam Budaya Kite.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut para penegak juga dapat saling mengunjungi tenda anjungan dari Kwartir Cabang lain, dimana mereka saling berbagi adat istiadat, kebudayaan, pariwisata, produk maupun keunggulan dari daerah masing-masing. Selain itu, terdapat banyak Tenda Anjungan Saka yang tentunya bersedia membagikan ilmu sesuai Sakanya, salah satunya yaitu Saka Bahari atau Kelautan dimana mereka menjelaskan bagaimana kegiatan mereka, peralatan seperti perahu dan kapal, serta pencapaian dan keberhasilan yang telah mereka raih.

Pada hari ketiga hingga keempat peserta RAIDA mengikuti acara pengenalan ‘Bujang Dayang Bangka Belitung’ dari berbagai kabupaten/kota, diikuti kegiatan Seminar Fotografi, Videografi, Nail Art, Decor, Mable, Ilmu Komputer, latte art dan pudding art, bucket bunga, serta Poltekkes.

Hari kelima yakni hari penutupan Raimuna Daerah, kegiatan yang dilaksanakan yaitu Senam Pagi Bersama yang diikuti oleh seluruh peserta RAIDA, dan mini games Maen Sepradik’ seperti Gobak Sodor, Amoeba, Yel-Yel, dan ice breaking yang ditujukan untuk melatih kekompakan. Pada malam penutupan diadakan konser meriah disertai kembang api yang mewarnai langit malam.

Jurnalis: Miftakhur Rohmah & Tim Jurnalistik Sekolah