Sabtu, 27 April 2024
Pondok Pesantren

Warta Dunia (WARDUN) 1444/2023

Warta Dunia (WARDUN) 1444/2023

Alhamdulillah Jurnal Tahunan/Warta Dunia (Wardun) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dapat diselesaikan pada waktunya meskipun dengan segala kekurangan yang ada. Kami, Tim Redaksi bersyukur bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik. Semuanya tidak lepas dari kerja keras, tanggung jawab, kesungguhan, dan keikhlasan seluruh Tim Redaksi.

Wardun adalah deskripsi aktivitas PMDG secara keseluruhan selama setahun; meliputi aktivitas Badan Wakaf, Pimpinan Pondok, Guru, dan  Santri. Untuk mempermudah pembaca dalam memahami dan melihat perkembangan pondok secara keseluruhan, maka sistematika penyajian Wardun mengacu pada Panca Jangka PMDG, yakni; Pendidikan dan Pengajaran, Kaderisasi, Pergedungan, Khizanatullah dan Kesejahteraan Keluarga.

Jangka Pertama, Pendidikan dan Pengajaran. Isi yang tertuang dalam jangka ini meliputi aktivitas Pengasuhan Santri, Kulliyatu-l-Muallimin al-Islamiyah (KMI), dan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Dalam berita tekstual, seluruh kegiatan penunjang akademis dan non-akademis santri/santriwati ditulis secara umum dan menyeluruh di bawah naungan Pengasuhan Santri dan KMI. Hal ini merupakan wujud bahwa PMDG tidak hanya mengoptimalkan kegiatan yang ada di Kampus Pusat, namun turut berupaya meningkatkan kualitas santri dan guru di seluruh kampus PMDG yang tersebar di Indonesia.

Alhamdulillah, Pengasuhan Santri,KMI, dan UNIDA Gontor terus menunjukkan perkembangan yang berarti, baik secara kuantitas maupun kualitas. Tahun ini, PMDG mengikutsertakan beberapa santri yang berkompeten di bidang matematika untuk merasakan atmosfer kompetisi matematika berskala nasional. Kompetisi tersebut adalah Eduversal Mathematics Competition (EMC), yang diselenggarakan oleh Yayasan Eduversal Indonesia. Babak Penyisihan EMC berlangsung secara online dan Babak Final diadakan offline di kota Surabaya. Peserta yang mengikuti kompetisi ini terdiri dari kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA. Santri PMDG yang mengikuti kompetisi ini adalah perwakilan dari kelas 1-5 KMI. Walaupun utusan PMDG belum meraih juara, tetapi menembus babak final sudah merupakan prestasi yang membanggakan. Ini menandakan bahwa sistem KMI PMDG mampu mengikuti perkembangan sistem pendidikan yang ada di luar, utamanya dalam segi akademis. Untuk itu, Direktur KMI dan jajarannya pun terus berbenah dalam meningkatkan program-program yang ada untuk lebih berkualitas lagi.

Sementara itu, UNIDA Gontor juga terus berupaya secara optimal untuk menuju World Class University. Tahun ini, setelah melalui beberapa proses yang panjang dengan persetujuan Pimpinan PMDG Alhamdulillah Tim Pendirian Fakultas Kedokteran (TPFK) UNIDA Gontor sudah dibentuk. Selain daripada itu, tim juga telah melaksanakan banyak program secara maraton, diantaranya; hampir setiap akhir pekan (Sabtu dan Ahad) tim bertemu di kantor TPFK di kampus Mantingan untuk bekerja dan berkoordinasi menyelesaikan persiapan pendirian FK UNIDA Gontor. Disamping itu, UNIDA Gontor juga terus menerus mengirimkan kader-kader terbaiknya untuk melanjutkan studi baik S2 maupun S3 di Universitas-universitas ternama, dalam negeri maupun luar negeri. Hal tersebut tentu untuk merealisasikan apa yang telah disampaikan oleh Pimpinan PMDG dalam berbagai kesempatan bahwa pada Usia Gontor yang ke-100 tahun diharapkan sudah ada 100 doktor dan juga 10 Profesor di Gontor.

Jangka Kedua, Kaderisasi. Rubrik ini berisi tentang berbagai usaha Pimpinan Pondok dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas para kader PMDG. Di antaranya: Penugasan, Perwakilan, dan Pendelegasian Wewenang. Termasuk dalam proses kaderisasi adalah Pernikahan yang diatur oleh Pimpinan PMDG dengan perjanjian kesiapan untuk menjadi istri maupun suami kader. Hal ini sebagaimana yang telah menjadi pengetahuan bersama di PMDG, bahwa kader Pondok tidak diperkenankan untuk mengabdi di lembaga lain selain PMDG.

Tidak kalah menarik dari jangka sebelumnya, laporan pada jangka ketiga, Sarana Pergedungan/Pendidikan juga menunjukkan adanya perkembangan dengan bertambahnya jumlah fasilitas di PMDG, seperti: Masjid Baitul Fauziyah di PMDG Putri Kampus 1 Mantingan, Perluasan La Tansa Konveksi di PMDG Kampus Pusat, Perluasan Gudang Darussalam Press II di PMDG Kampus Pusat, Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat (BKSM) di PMDG Kampus 5 Magelang, Lapangan Futsal PMDG Kampus 7 Lampung, renovasi Pabrik Tempe di PMDG Kampus 10 Jambi, Perluasan Dapur Umum di PMDG Kampus 11 Poso, Gedung Saudi dan Gedung Turki di PMDG Putri Kampus 1 Mantingan, Gedung Indonesia 2 dan Gedung Madinah di PMDG Putri Kampus 2 Mantingan, Proyek Jalan Masuk di PMDG Putri Kampus 3 Karangbanyu, Auditorium di PMDG Putri Kampus 4 Konawe Selatan.

Jangka Keempat, Khizanatullah, adalah kunci bagi prinsip kemandirian PMDG, terutama dalam kemandirian pendanaan. Yayasan Pemeliharaan dan Perluasan Wakaf Pondok Modern (YPPWPM) melaporkan adanya perluasan wakaf, baik melalui pembelian maupun tukar tambah, dan juga adanya perkembangan jumlah unit usaha yang ada. Tahun ini, PMDG memiliki tanah seluas 18.506.865 m2 atau sekitar 1.850.69 ha yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, Gontor juga berhasil menambah beberapa unit usaha baru, di antaranya Khizanah Digital Printing dan Kampus Hayawanat di PMDG Putri Kampus 1 Mantingan, Khizanah Kreasi Gontor (KKG) dan Gontor Auto Service (GAS) di PMDG Kampus Pusat.

Jangka Kelima, Kesejahteraan Keluarga, berisi laporan segala macam upaya Pimpinan Pondok dalam rangka menyejahterakan para kader PMDG. Adapun bentuk kesejahteraan itu berupa penyediaan perumahan dan kelengkapan fasilitasnya bagi guru yang telah berkeluarga, mengirim para kader untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, pemberangkatan kader untuk menunaikan ibadah haji maupun umrah, dan lain sebagainya.

Selain mengacu pada Panca Jangka PMDG, Wardun ini juga memuat beberapa berita khusus yang terjadi pada tahun ini, di antaranya: Peningkatan mutu dan kualitas mencetak civitas Gontor yang unggul pada 100 tahun usia pondok. Tidak ketinggalan, Wardun juga memuat berita tambahan seperti: Aktivitas Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor, Jumlah Keluarga Gontor yang berada di Luar Negeri, Kehadiran Para Tamu di PMDG, Berita Keluarga, serta Pesan dan Nasihat Trimurti Pendiri Pondok.

Tidak lupa, kami menyampaikan ribuan terima kasih kepada para santri dan guru di seluruh kampus PMDG, serta mahasiswa/i UNIDA Gontor yang telah ikut serta dalam mensukseskan Lomba Desain Sampul Wardun. Alhamdulillah, melalui perlombaan ini, para santri, guru PMDG, dan mahasiswa/i UNIDA Gontor mampu meningkatkan kreativitas mereka untuk memunculkan ide-ide baru dalam karya desain grafis pembuatan sampul Wardun.

Akhirnya, atas nama Tim Redaksi Wardun, kami mohon maaf jika dalam penulisan Wardun tahun ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Untuk itu, saran dan masukan sangat diharapkan demi perbaikan Wardun di tahun-tahun mendatang. Selamat membaca semoga bermanfaat.

Klik link di bawah ini untuk mengakses Wardun 1444/2023 secara online.

Related Articles:

Warta Dunia (Wardun) 2022

Warta Dunia (Wardun) 2021