Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadan, HMD Sastra Arab Salurkan Donasi Ke Panti Asuhan Sunan Ampel

Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadan, HMD Sastra Arab Salurkan Donasi Ke Panti Asuhan Sunan Ampel
image_pdf

Bulan Ramadan merupakan ajang untuk mencari keberkahan bagi setiap manusia. Dalam memanfaatkan momen Bulan Ramadan, HMD Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan di panti asuhan. Kegiatan ini bernama Sedekah bulan Ramadhan (SEBUL) pada Sabtu (23/04/2024). Tema pada kegiatan SEBUL yaitu “Merajut Kasih, Merangkai Cinta di Bulan Mulia”.

Kegiatan SEBUL bertempat di Panti Asuhan Sunan Ampel Kota Malang. Kegiatan dimulai setelah Ashar yaitu pembukaan secara formal, kemudian sambutan dari ketua panitia, ketua umum dan pengasuh Panti Asuhan Sunan Ampel. Setelah penyampaian sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan game dan ice breaking.

Ketua Panitia SEBUL, M. Falqi Fauzi mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak Panti Asuhan Sunan Ampel yang telah menerima kedatangan HMD Sastra Arab UM, serta mengucapkan mohon maaf apabila terdapat kesalahan di seluruh rangkaian kegiatan SEBUL ini. Falqi juga berharap kegiatan ini merupakan momen untuk menjalin tali silaturahmi antara HMD Sastra Arab UM dengan Panti Asuhan Sunan Ampel dan berharap tidak akan putus. “Semoga kegiatan SEBUL ini menjadi titik awal kami untuk menjalin tali silaturahmi yang akan selalu tersambung nantinya”, tuturnya. Falqi juga mengakui bahwa persiapan dari kegiatan ini mulai dari akhir bulan Februari dengan survei terlebih dahulu ke berbagai panti asuhan dan Alhamdulillah mendapatkan kesempatan di Panti Asuhan Sunan Ampel ini.

Ketua Umum HMD Sastra Arab UM, Reinanda Wizarotul Hasanah menambahkan, SEBUL ini merupakan program kerja rutin tahunan di HMD Sastra Arab dan tahun ini diadakan di Panti Asuhan Sunan Ampel. Ia juga mewakili panitia dan HMD Sastra Arab mengucapkan terima kasih banyak atas sambutan yang diberikan pihak Panti Asuhan Sunan Ampel, mulai dari persiapan sampai hari dimana kegiatan ini berlangsung.

Hal ini mendapatkan respon positif dari ketua pengasuh Panti Asuhan Sunan Ampel Hj. Raudlatul Jannah, “SEBUL ini namanya keren dan memiliki arti yang bagus”. Ketua pengasuh tersebut juga membalas kata terima kasih dari ketua panitia dan ketua umum lalu ia mengucapkan, ”Mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya sekali diadakan, semoga bisa berlanjut kembali di waktu kedepan.”

Hj. Raudlatul Jannah menceritakan sedikit tentang Panti Asuhan Sunan Ampel. Panti ini berdiri pada tahun 1976 dan merupakan tempat untuk anak-anak yang membutuhkan mulai dari kecil hingga dewasa dari berbagai wilayah kota hingga luar pulau. “Panti ini adalah tempat bagi anak-anak yang membutuhkan, ada yang sudah disini dari kecil dan besar di panti sampai kuliah,” tutur Hj. Raudlatul.

Ketua panitia, ketua HMD dan pengasuh panti Sunan Ampel berharap, semoga SEBUL bisa menyalurkan sedikit bantuan dan bisa terus menumbuhkan kebahagiaan khususnya santri di Panti Asuhan Sunan Ampel ini. Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan donasi serta cinderamata oleh HMD Sastra Arab kepada Panti Asuhan Sunan Ampel dan ditutup dengan buka puasa bersama.

Pewarta: Tri Anggara Medhi Sampurno – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM