Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

BEM FS UM Gelar Workshop Kriya Tanah Liat Bertema “Clay and Self Expression”

image_pdf

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (BEM FS UM) gelar Workshop Kriya Tanah Liat pada Sabtu (27/04). Kegiatan ini dilakukan di Studio Kreasi Kriya Nusantara, Kota Batu yang merupakan milik dosen Departemen Seni dan Desain, Prof. Dr. Ponimin., M. Hum. Workshop yang dibatasi hanya untuk 35 peserta ini, mengangkat tema “Clay and Self Expression” dengan peserta berasal dari berbagai fakultas di UM. 

“Melalui Workshop ini, mahasiswa diluar Fakultas Sastra mampu belajar dan mengimplementasikan tanah liat yang tidak dipelajari di fakultas asalnya,” ujar Ketua Umum BEM Fakultas Sastra, Galuh Berliant. Workshop ini bertujuan memberikan ruang bagi peserta untuk kembali terhubung dengan diri mereka sendiri melalui seni dan ekspresi kreatif. Sebab menurut Ketua BEM Fakultas Sastra menyampaikan bahwa di era yang serba cepat ini, manusia seringkali kehilangan koneksi dengan diri mereka sendiri dan perasaan mereka, untuk itu Workshop Kriya Tanah Liat ini hadir.

“Workshop ini tidak hanya tentang membuat objek fisik, tetapi juga tentang menemukan keberanian untuk mengungkapkan diri,” imbuh Galuh Berliant. Workshop ini juga bertujuan untuk mengenalkan dunia kriya tanah liat bagi mahasiswa diluar Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Peserta yang mengikuti workshop ini diharapkan mampu memiliki keahlian di bidang kriya tanah liat dan mampu mengembangkannya. 

Menurut Ketua pelaksana Workshop, Defara Safina kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk mengapresiasi dan mengungkapkan isi dalam diri. Dengan adanya Workshop ini, harapannya peserta yang terlibat mampu mengekspresikan isi hatinya melalui karya seni kriya tanah liat.

Memasuki penyampaian materi dengan judul “Self Expression with Clay: Berekreasi Keramik Tanah Liat Gerabah untuk Menumbuhkan Sikap Kreatif dan Temukan Jati Diri melalui Seni”, Prof. Dr. Ponimin, M.Hum., menyampaikan dengan mencontohkan langsung agar dapat dengan mudah dipahami oleh peserta. Selain itu, terdapat 6 mentor yang membantu praktek pembuatan kriya tanah liat hari ini. 

Sebelum kegiatan diakhiri, Prof. Ponimin menyampaikan terima kasih, harapan baik, serta dukungan penuh atas terselenggaranya Workshop Kriya Tanah Liat pada hari ini.

“Terima kasih BEM Fakultas Sastra yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada peserta yang tidak hanya berasal dari Fakultas Sastra saja, tetapi berasal dari seluruh fakultas di UM ini. Semoga hubungan silaturahim artistik tetap terjalin untuk selanjutnya dan semoga workshop hari ini mampu menambah ilmu bagi kita semua,” tutup Guru Besar Bidang Penciptaan Seni dan Kajian Seni di UM tersebut. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM