Kamis, 09 Mei 2024
Perguruan Tinggi

HIMATIKA Goes To Mosque: Orang Tua Perhatikan Pendidikan Agama Untuk Anaknya

HIMATIKA Goes To Mosque: Orang Tua Perhatikan Pendidikan Agama Untuk Anaknya

(iainfmpapua.ac.id) –  Para orang tua wajib memerhatikan pendidikan agama untuk anak-anaknya. Ustad Budiman Waliyulah menyampaikan hal ini dalam tausiyahnya pada kegiatan Ramadhan LPPM with HMPS Tadris Matematika Goes to Mosque di Masjid AL Hikmah, Tanah Hitam, Jayapura, 31 Maret 2024.

“Pendidikan agama adalah bekal di masa depan, dan ini sebagai wasilah di hari akhir nanti,” ujarnya. Ia menegaskan bahwa setiap orang tua harus bertanggungjawab kepada Allah SWT mengenai pendidikan agama putra-putrinya. “Hal ini juga sejalan dengan tema moderasi beragama yang dibawa adik-adik mahasiswa dari IAIN Fattahul Muluk Papua hari ini, agar para remaja kita memahami pendidikan agama yang baik, menerima perbedaan di masyarakat,” terangnya. Dalam Al Quran Surat Al Imran ayat 110, lanjutnya, Allah SWT sudah memberi rambu-rambu kepada umat tentang peran manusia. “Manusia adalah umat terbaik untuk menjalankan amar maruf nahi munkar,” jelasnya. Ustad Budiman mengatakan bahwa sikap moderasi beragama sangat penting dikedepankan, khususnya pada kondisi   generasi milenial saat ini yang setiap hari menerima informasi di media sosial. “Info itu kadang tanpa filter, tanpa penyaring, sehingga pemahaman yang didapat sering salah,” tuturnya. Ia menjelaskan, para orang tua di jaman dahulu sudah memupuk sikap moderasi beragama. “Hanya saja saat ini kalian lebih sering melihat info melalui medsos, dan seringkali orang tidak mau mendengar pendapat orang lain,” urainya. Ia menyampaikan bahwa Rasulullah Nabi Muhammad SAW telah memberikan contoh cara yang baik untuk memutuskan sebuah masalah saat perang Badar. “Yakni dengan cara bersabar dan mendengarkan pendapat sahabat-sahabatnya,” paparnya. Ia meminta para generasi milenial agar menelusuri asal sebuah informasi yang berkembang di media sosial sebelum menyampaikan ke pihak lain.

Dalam sambutan sebelumnya, Sekretaris Program Studi Tadris Matematika IAIN Fattahul Muluk Papua Asep Rosadi, M.Pd mengatakan bahwa pihaknya ingin memperkenalkan program studinya kepada masyarakat. “Salah satunya melalui kegiatan bersama LPPM ini di berbagai masjid mushola di Jayapura,” terangnya. Ia berterimakasih atas sambutan yang hangat dari pengurus Masjid Al Hikmah. Ketua panitia Elsa Pettawiri menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan membangun silaturahim dan rasa kekeluargaan antara para mahasiswa dengan warga dan jamaah.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Himpunan Mahasiswa Tadris Matematika (HIMATIKA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua yang menyalurkan donasi berbagai pihak untuk berbuka puasa bersama dalam Goes to Mosque. Acara ini dihadiri para dosen, diikuti para mahasiswa HIMATIKA Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, dan diakhiri dengan buka puasa bersama jamaah. (Za/Is/Her).