Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Gandeng Dosen Filipina, SCU Ajak Mahasiswa Perangi Bullying

Gandeng Dosen Filipina, SCU Ajak Mahasiswa Perangi Bullying

Dosen Religious Education Department, De La Salle University Dasmarinas (DLSUD) Filipina, Rowel Torralba San Sebastian, PhD berkunjung ke Soegijapranata Catholic University (SCU). Rowel berkesempatan menyapa mahasiswa SCU dalam kegiatan A Public Lecture on Anti-Bullying. Mereka berkumpul di Theater Thomas Aquinas, Kampus 1 SCU Bendan pada Rabu, 3 April 2024.

Mengangkat tema “Adolescent Challenges and Proposed Interventions: Bullying,” Rowel mengajak mahasiswa lebih peka terhadap isu kekerasan, dalam hal ini khususnya bullying. Perhatian khususnya terhadap isu keberagaman dan toleransi juga ikut meramaikan diskusi dalam kuliah umum tersebut. Bersamaan dengan itu, isu kekerasan sosial juga menjadi topik yang dibahasnya dalam forum ini.

“Sebagai implementasi berbagai topik dari pemerintah yang harus disampaikan kepada mahasiswa. Adapun di antaranya anti kekerasan atau anti bullying, anti kekerasan, dan anti korupsi,” tutur Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) SCU, Dr. Heny Hartono. Lebih lanjut, Heny menuturkan kuliah umum ini rutin hadir sebagai agenda LP3 SCU di tiap semesternya.

Melalui kegiatan ini, Heny juga mengajak mahasiswanya agar meningkatkan kesadaran mereka terhadap isu bullying. “Harapannya mahasiswa SCU punya awareness khususnya tentang bullying. Sehingga mereka tidak melakukannya dan kalau mereka pernah melakukan, mereka tahu cara bagaimana untuk membebaskan diri dari perasaan takut,” ungkapnya.

Kunjungan Dosen Filipina

Kegiatan ini sekaligus merupakan puncak rangkaian kunjungan Rowel setelah 3 minggu mengajar di kampus ungu. Sebelumnya, ia berkesempatan membagikan keilmuannya terkait toleransi dan religiusitas kepada mahasiswa SCU. Rowel pun hadir dalam Mata Kuliah Umum (MKU) Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan secara bergantian di tiap fakultas.

“Mereka belajar tentang toleransi dan keberagaman. MKU ini seolah menjadi makanan kecil untuk mereka bisa saling menghargai perbedaan latar belakang,” jelas Heny.

Kunjungannya tersebut sekaligus dalam rangka memenuhi kerja sama SCU dengan DLSUD Filipina melalui Faculty Exchange Program. Kolaborasi kedua perguruan tinggi tersebut baru saja diperpanjang kembali setahun yang lalu.