Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

RIL SCU Bersama Sedes Sapientiae Ajak Siswa Dalami Permasalahan Lingkungan

RIL SCU Bersama Sedes Sapientiae Ajak Siswa Dalami Permasalahan Lingkungan

Program Studi Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan (RIL) Soegijapranata Catholic University (SCU) berkesempatan berkunjung ke SMA Sedes Sapientiae Semarang. Mereka berkesempatan menyapa siswa kelas 2 SMA Sedes Sapientiae Semarang. Mereka hadir di tengah kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Rabu, 3 April 2024.

Mengangkat tema “Liveable and Loveable City,” para dosen dan mahasiswa Program Studi RIL SCU diundang untuk membagikan keilmuannya terkait peran rekayasa dan teknologi dalam perencanaan kota dan lingkungan. “Diundang untuk mengisi materi mengenai tema berekayasa dan berteknologi dalam perencanaan kota dan lingkungan,” tambah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan (FITL) SCU, By Arya Wastunimpuna, MArs. Bersamaan dengan itu, Arya juga turut mengajak para siswa untuk meningkatkan kesadarannya menanggapi permasalahan lingkungan.

P5 sendiri merupakan kegiatan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang melatih peserta didik dalam mencari solusi atas permasalahan yang terjadi di sekitarnya. “Menambah wawasan dan kesadaran generasi muda akan hal-hal yang terkait isu permasalahan kota dan lingkungan,” tegas Arya.

Kolaborasi Bersama BEMF-ITL SCU

Kehadiran Program Studi RIL SCU dalam P5 merupakan salah satu bentuk kelanjutan kerja sama antar kedua belah pihak.

Pada 12 Januari 2024, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan (BEMF-ITL) SCU telah berkunjung lebih dulu ke SMA Sedes Sapientiae Semarang. Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa FITL SCU mengajak para pelajar di sana membuat sabun cuci piring berbahan eco enzyme yang ramah lingkungan. Kegiatan ini pun dikemas dalam FITL Goes To School yang merupakan program kerja rutin tahunan BEMF-ITL SCU.

“Dalam setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam FITL Goes To School selalu memiliki output sehingga setiap kegiatan yang terlaksana memberikan manfaat dan selalu ada progres dari  pertemuan sebelumnya. Suasana yang terbentuk dalam pelaksanaan setiap kegiatannya menyenangkan sehingga pelajar SMA, panitia, dan dosen yang terlibat dapat merasa nyaman,” ujar Pengurus BEMF-ITL SCU, Reinata Bayu Putra Dewangga.