Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Rutinitas Religiositas: PBI UAD Adakan Khataman & Buka Bersama

Rutinitas Religiositas: PBI UAD Adakan Khataman & Buka Bersama

Prodi PBI Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan khataman dan buka bersama (Dok. Dinda)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Khataman Al-Qur’an dan Buka Bersama. Kegiatan ini diadakan guna mempererat silaturahmi antarmahasiswa dan dosen. Acara dilaksanakan pada 24 Maret 2024 di Lab. Bahasa A Lantai 7 Gedung Lab. Terpadu Kampus IV UAD. Buka bersama ini dihadiri oleh mahasiswa PBI angkatan 2021, 2022, 2023, serta dihadiri oleh para dosen dan tendik PBI UAD.

PBI UAD memang rutin melaksanakan agenda tersebut tiap tahunnya. Pada bulan Ramadan, mahasiswa melakukan bekerja sama dengan dosen serta HMPS PBI English Department Student Association (EDSA) untuk kegiatan ini.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Sucipto, M.Pd.B.I., Ph.D. “Kegiatan khataman Al-Qur’an bersama ini adalah salah satu upaya kita untuk menginternalisasi nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan,” ujarnya. “Kami berharap kepada mahasiswa, semoga kegiatan ini bisa berjalan rutin, sehingga bisa menjadi satu pengalaman yaitu bagian keluarga besar PBI UAD. Yang bukan melulu tentang hal akademis, tetapi juga hal yang sifatnya religiositas.”

Selanjutnya adalah khataman Al-Qur’an bersama yang dipimpin oleh Maulana Hirzin An-Nabi, mahasiswa PBI UAD. Adapun surat yang dibaca adalah dari Surah An-Naba’ hingga An-Naas. Kegiatan ditutup dengan doa bersama dan tausiah dari Hendra Darmawan, S.Pd., M.A. Ia memberikan wejangan tentang sabar.
“Di bulan suci ini, dengan tidak makan, tidak minum, dengan menahan hawa nafsu, kesabaran kita diuji oleh Allah Swt.,” ujar Hendra. Ia juga menjelaskan bahwa Allah Swt. melipatgandakan pahala umat di bulan Ramadan ini. “Sabar itu ada tiga jenis. Pertama, sabar atas musibah. Kedua, sabar dalam menjalani ketaatan. Ketiga, sabar atau menahan diri dari berbuat maksiat,” jelas Hendra.
Rangkaian Khataman Al-Qur’an dan Buka Bersama ditutup dengan salat Maghrib berjamaah serta menyantap hidangan yang telah disediakan. (dnd)

uad.ac.id