Rabu, 01 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Perkuat Karakter Kader, BIP Selenggarakan Buka Puasa Bersama

Perkuat Karakter Kader, BIP Selenggarakan Buka Puasa Bersama

Mahasiswa Penerima Beasiswa Ikatan Persyarikatan (BIP) Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan buka bersama dalam rangka silaturahmi dan penguatan karakter kader dengan tema “Merajut kembali sinergi Intelektual dalam kebersamaan”, Selasa (02/04) di kebun anggur mbah cho, Sleman.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Rektor 1 bidang akademik dan kerja sama UNISA Yogyakarta Taufiqur Rahman, SIP., MA., Ph.D, serta Koordinator Beasiswa Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Suri Salmiyati,S. Kep., Ns,, M. Kes.

Taufiqur Rahman mengapresiasi langkah baik yang dilakukan dalam peningkatan karakter kader sehingga pertemuan-pertemuan seperti ini harus selalu di galakkan, Ia berpesan bahwa kader Muhammadiyah harus menjadi pelopor dalam aktivitas kebaikan.

“Satu hal yang bisa diteladani dari KH. Ahmad Dahlan adalah tokoh kepeloporannya, menjadi kader itu harus selalu membangun semangat kepeloporan dalam situasi dan tempat manapun,” Ungkap Taufiq.

Taufiq juga berpesan beasiswa itu sebagai Amanah, bukan hanya tentang menuntut hak, jangan hanya dilihat dari privilegenya tapi lihatlah sebagai Amanah sehingga dalam pelaksanaan perkuliahan perlu menerapkan prinsip 3T (Tertib Ibadah, Tertib Belajar, Tertib Organisasi) “menjadi mahasiswa harus menjaga keseimbangan tersebut, penguatan-penguatan ini harus terus rutin dilakukan,” Tegasnya.

Sementara itu Suri Salmiyati mengungkapkan hal senada bahwa penerima BIP harus mampu menjadi mitra dalam mendukung kemajuan UNISA Yogyakarta dan Persyarikatan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

“Kader Bip harus memiliki prestasi akademik maupun non akademik sehingga dapat memberikan teladan bagi mahasiswa,” tutur Suri.

Lukman salah satu kader BIP mengungkapkan rasa syukur atas beasiswa yang diberikan oleh UNISA Yogyakarta sehingga baginya pertemuan silaturahmi ini menjadi penting dalam menjaga keberadaan kader BIP. “Alhamdulillah sebanyak 37 mahasiswa penerima Beasiswa persyarikatan dari kader awal ditahun 2016-2023 dapat hadir, meskipun masih terdapat yang belum dapat hadir karena sudah mudik libur lebaran,” ungkapnya.